Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengantuk saat Jam Kerja? Lakukan Cara Ini
Siker.id | 12 Nov 2021 18:10


Bagikan ke

siker.id - Beberapa orang pernah mengalami harus menahan kantuk di siang hari pada saat sedang bekerja. Ini memang membutuhkan perjuangan. Di sisi lain mata Anda sudah ingin terpejam, tetapi pekerjaan di depan mata harus diselesaikan.

Jika sudah begini, pikiran sering kali tidak fokus. Namun ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kantuk di siang hari. Mulai dari membuat ruangan lebih bercahaya hingga gerak badan.

Baca juga: Apa Perbedaan CV dan Resume?

Berikut ini cara menghilangkan rasa ngantuk saat sedang bekerja

1. Terangi ruangan

Membuat ruangan lebih terang dapat mengurangi rasa lelah dan meningkatkan fokus Anda. Cobalah untuk membuka lampu atau menyibak gorden untuk memberikan cahaya di ruangan kerja atau kelas Anda.

2. Jangan terus melihat layar perangkat elektronik

Melihat layar laptop atau komputer terlalu lama justru dapat membuat mata menegang dan meningkatkan rasa kantuk.Coba alihkan pandangan Anda dari layar selama beberapa menit untuk melemaskan otot-otot mata. Lakukan hal ini berulang kali untuk mengurangi rasa kantuk.

3. Bergerak

Jangan hanya duduk sambil memandangi laptop, cobalah untuk beranjak dari kursi dan bergerak. Menggerakkan tubuh, seperti berjalan di sekitar kantor selama 10 menit ataupun mengisi air dapat menjadi cara menghilangkan ngantuk di siang hari.Saat bergerak, Anda akan merasa lebih berenergi karena terdapat lebih banyak oksigen yang mengalir ke otak, pembuluh darah, dan otot. Anda juga bisa berjalan-jalan saat sedang beristirahat, seperti berjalan ke tempat makan yang lebih jauh, hingga bergerak mengisi air minum atau ke toilet.

4. Berbicara dengan teman

Membuka percakapan dapat menjadi cara menghilangkan ngantuk di siang hari sembari meningkatkan hubungan sosial dengan teman-teman. Anda dapat membicarakan hal-hal lucu, kehidupan sehari-hari, politik dan sebagainya.

5. Mendengarkan lagu yang bersemangat

Pasang headset atau earphone Anda dan pilihlah lagu beritme cepat dan bersemangat favorit Anda!Cara menghilangkan ngantuk di siang hari ini tidak hanya sederhana tetapi juga menyenangkan untuk dilakukan. Mendengarkan lagu dapat membangunkan otak dan meningkatkan produktivitas Anda.

6. Cuci muka

Jangan salah, mencuci muka dengan air dingin terkadang masih bisa bekerja untuk menghilangkan ngantuk di siang hari. Jika bisa cobalah untuk keluar dan merasakan angin dingin seusai mencuci muka.

7. Tidur di sela istirahat

Bila kantuk tidak tertahankan, Anda dapat meluangkan waktu untuk tidur sejenak saat sedang jam istirahat. Sebelum beristirahat, pasang alarm untuk membangunkan Anda, setelahnya tidurlah setidaknya lima sampai 25 menit.Jika khawatir tidak bisa terbangun, Anda dapat setidaknya menutup mata selama 10 menit sebagai cara menghilangkan ngantuk di siang hari.

Baca juga: Ingin Naik Jabatan?Lakukan dengan Cara Ini

8. Pilih makan siang yang tidak berat

Tidak hanya cemilan saja yang perlu diperhatikan, Anda juga perlu mengawasi apa yang dikonsumsi.Hindari mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan bersoda. Sebaiknya, atur porsi makan secara ringan atau secukupnya dan dominan sayur.

9. Minum air

Dehidrasi bisa menjadi salah satu pemicu ngantuk di siang hari. Konsumsilah air secukupnya dan konsumsi makanan yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, dan sebagainya.

10. Berganti-ganti jenis tugas

Saat sedang ngantuk di siang hari dan masih banyak pekerjaan yang menumpuk, Anda bisa mencoba taktik mengerjakan hal-hal yang berbeda. Anda bisa mengerjakan satu jenis tugas dan ketika bosan berpindah ke jenis tugas lainnya.

Sekian artikel Mengantuk saat Jam Kerja? Lakukan Cara Ini. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

Baca juga: Mau Perbanyak Pengalaman Buat Fresh Graduate?Ini Caranya!

 


Editor: Bagus -

     

TAG :