- Berikut Alasan Banyaknya Karyawan Memilih Resign
- Berikut 7 Alasan Resign Kerja yang Sering Digunakan
- Bagaimana Cara Mengajukan Resign Yang Baik?
- 5 Alasan Resign yang Bisa Diterima
- Tanda-Tanda Anda Sudah Saatnya Pindah Kerja
- Saat Bosan Jangan Resign Kerja Berikut Alasannya!
- Berikut Alasan Karyawan Resign Sebelum 90 Hari Kerja
- Perhatikan Hal ini dalam Membuat Surat Resign Kerja
- 3 Alasan Logis Segera Resign Kerja
- 4 Tanda Harus Segera Resign Kerja
siker.id - Menyatakan diri ingin resign dari pekerjaan ke atasan, kadang bukan perkara mudah, terutama bagi orang yang gak enakan. Ditambah di masa pandemik ini, muncul fenomena The Great Resignation, yang mana menambah jumlah pekerja yang ingin resign selama WFH.
Adanya karyawan yang keluar bisa menimbulkan banyak emosi negatif.
Karena itu, kamu harus bisa resign dengan baik dan profesional. Ini dia tips resign agar tetap kelihatan profesional tanpa harus putus hubungan dengan atasan.
Baca juga: 4 Tanda Harus Segera Resign Kerja
Ucapkan rasa terima kasihmu
Menurut Letisha Bereola, seorang career coach, lebih baik awali pengunduran diri dengan ucapan terima kasih pada atasan. Beritahu mereka seberapa bersyukurnya kamu dengan kesempatan yang dimiliki selama bekerja dengannya. Dengan demikian, kamu akan membawa kesan lebih baik selama mengundurkan diri.
Memang, memberitahu atasan tentang pengunduran diri itu benar-benar menegangkan. Tapi, dengan mengawali obrolan di sisi yang positif, bisa memberimu kepercayaan diri dalam menyatakan apa yang diinginkan. Kamu bisa latihan bicara dulu sebelum bertemu bosmu.
Rampungkan semua yang harus kamu kerjakan
Kalau masih memiliki pekerjaan yang hanya kamu seorang yang mengerti, lebih baik selesaikan terlebih dahulu. Gak menutup kemungkinan kalau atasan akan tiba-tiba menghubungimu setelah keluar nanti. Bantu sebisamu karena mereka juga mungkin kesusahan mencari penggantimu.
Selain itu, di beberapa perusahaan juga akan mengadakan exit interview, di mana kamu akan diwawancarai dulu sebelum dibolehkan mengundurkan diri. Persiapkan dirimu baik-baik sebelum interview berlangsung dan jawab setiap pertanyaannya sebaik mungkin.
Kembalikan properti milik perusahaan
Setiap properti milik perusahaan yang dipinjamkan padamu selama bekerja, entah itu kunci, dokumen, komputer, mobil, dan lain-lain yang bukan milikmu, harus dikembalikan ketika mengundurkan diri. Jangan sampai malah bosmu yang mengejar-ngejar kamu untuk mengembalikan properti itu.
Jangan sampai kamu dituduh yang gak-gak karena lupa mengembalikan properti milik perusahaan. Nanti urusannya malah panjang. Bukannya mengundurkan diri, kamu malah disangka yang aneh-aneh.
Sekian artikel tentang tips resign agar terlihat profesional. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: 3 Alasan Logis Segera Resign Kerja
Komentar
- Berikut Alasan Banyaknya Karyawan Memilih Resign
- Berikut 7 Alasan Resign Kerja yang Sering Digunakan
- Bagaimana Cara Mengajukan Resign Yang Baik?
- 5 Alasan Resign yang Bisa Diterima
- Tanda-Tanda Anda Sudah Saatnya Pindah Kerja
- Saat Bosan Jangan Resign Kerja Berikut Alasannya!
- Berikut Alasan Karyawan Resign Sebelum 90 Hari Kerja
- Perhatikan Hal ini dalam Membuat Surat Resign Kerja
- 3 Alasan Logis Segera Resign Kerja
- 4 Tanda Harus Segera Resign Kerja