Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Menyikapi dengan Tegas Politik di Kantor
Siker.id | 08 Mar 2022 17:30


Bagikan ke
Menyikapi politik dalam kantor. (siker)

siker.id - Politik kantor merupakan suatu fase yang tidak terhindarkan dari hegemoni dunia kerja. Hal ini rasanya berlaku di berbagai perusahaan, baik swasta maupun negeri. Tidak jarang, perbedaan pendapat menghiasi kehidupan kantor yang dapat memicu pengkotak-kotakan kelompok. Hal ini mungkin wajar saja terjadi, yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa mengelola emosi dan mampu bersikap bijak dalam menyikapi berbagai konflik tersebut. Harus diakui bahwa tempat kerja yang memiliki keragaman perspektif dan pandangan dapat menjadikan karyawannya untuk tumbuh dan berkembang, baik dari segi tindakan maupun pemikirannya.

Namun, agar lingkungan kerja tetap bisa harmonis tanpa adanya ketegangan tertentu, baiknya semua kalangan perlu bersikap sportif dan toleran terhadap sesama. Bukankah lebih baik jika antar sesama warga kantor bisa saling menghormati? Mungkin, hal ini terdengar lebih mudah diucapkan daripada dipraktikkan. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa seluruh warga kantor dapat berbaur tanpa adanya konflik ataupun perpecahan.

Sebelum membahas tentang bagaimana bersikap bijak dalam menyikapi politik kantor, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari politik kantor.

Politik kantor merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam rangka menaikkan status atau pamor di lingkungan kerja.

Terkadang, untuk bisa melakukan politik kantor seseorang akan mengorbankan orang lain demi tercapainya tujuan pribadinya. Selain itu, politik kantor juga disebut sebagai suatu sikap yang dilakukan guna memperoleh atau mempertahankan kekuasaan dalam perusahaan. Akibatnya, mereka yang bergiat dalam ranah negatif tersebut tidak akan segan menjatuhkan rekan kerja yang lainnya.

Berikut ini beberapa tips tegas terhadap politik dikantor :

Baca juga: 3 Tips Menjadi Rekan Kerja yang Baik dan Supportif

Hindari Mengeluh Tentang Pekerjaan di Lokasi Kerja

Terkadang, rutinitas bekerja yang terlalu padat dapat membuat anda stres. Melampiaskannya dengan cara curhat ke rekan kerja mungkin bisa sedikit membantu mengurangi jenuh yang anda rasakan. Siapa tahu rekan kerja anda juga merasakan hal yang sama.

Namun, apa jadinya jika anda bercerita kepada orang yang salah? Bisa jadi, keluhan yang anda utarakan dapat menjadi bahan gosip hangat di lingkup kerja kantor. Hal ini mungkin saja terjadi jika orang yang tidak senang dengan anda mendengarkan keluh kesah anda tersebut.

Perlakukan Orang Lain dengan Baik

Mungkin, beberapa dari Anda merasa sulit untuk bersikap ramah kepada orang yang sudah melukai hati Anda. Ya, rekan kantor bisa saja melukai perasaan Anda tanpa sepengetahuannya, dalam artian tidak sengaja.

Ketika apa yang dibicarakannya tanpa sadar melukai Anda, maka hal tersebut jangan terlalu diambil pusing. Sebaiknya, Anda bersikap baik kepada orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Jadi, meskipun ada seseorang yang mencoba melemparkan tuduhan-tuduhan kecil kepada Anda di depan rekan kerja yang lain, sebaiknya bersikaplah tenang.

Baca juga: 5 Tips Pemilihan Kampus Kelas Karyawan

Bangun Relasi yang Kuat di Tempat Kerja

Setiap orang tentu memerlukan kelompok pendukung di manapun ia berada, termasuk di dalam kantor. Lingkar pertemanan memang penting untuk di kantor agar anda tidak merasa sendiri. Seperti yang kita tahu, dalam kehidupan kantor tidak hanya diisi dengan rutinitas bekerja saja. Anda perlu bersosialisasi dan menjalin persahabatan dengan relasi kantor serta meluangkan lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan bersama.

Sekian artikel tentang tips menyikapi politik dikantor. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips MEDDIC Dapat Mendongkrak Penjualan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar