Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips Mengelola Team Feedback dengan Baik
Siker.id | 17 Mar 2022 12:30


Bagikan ke
Mengelola team feedback dengan baik. (siker)

siker.id - Dalam bekerja sama dengan suatu tim atau beberapa orang sekaligus, pasti Anda pernah mengalami kendala dan hambatan. Setiap orang yang berpartisipasi dalam tim mempunyai latar belakang yang berbeda. Setelah menjalani pekerjaan bersama tim, Anda selaku karyawan atau manajer dapat meningkatkan kualitas kerja tim Anda di kemudian hari dengan memberikan team feedback.

Team feedback yang dilakukan secara benar dan rutin akan menjadi alat yang sangat ampuh. Seluruh anggota tim memiliki kemampuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kinerja, meningkatkan kepercayaan dan komunikasi, dan memperkuat ikatan dengan sesama rekan maupun atasan. Berikut tips mengelola team feedback dengan baik.

Baca juga: 3 Tanda Keberhasilan Membangun Tim yang Solid

Lakukan Secara Privat

Feedback yang dilakukan secara terbuka dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri karyawan dan tim secara drastis. Bukan malah termotivasi, tim justru malah merasa rendah diri dan mengalami demotivasi. Jadi, lakukanlah team feedback secara privat atau tertutup agar situasi yang kondusif tetap terjaga.

Berikan Sugesti atau Saran

Pastikan untuk memberikan sugesti atau saran guna memperbaiki situasi. Hal ini menandakan Anda peduli dan ingin membantu tim terus tumbuh dan berkembang. Tetapkan tujuan dan buat rencana untuk memantau dan mengevaluasi kemajuannya. Gunakan SMART dan model GROW untuk memotivasinya memberikan perubahan yang diinginkan.

Baca juga: 3 Kunci Sukses Membentuk Kerjasama Tim

Follow Up

Setelah menjelaskan mengenai kondisi kinerja tim, jangan lupa untuk selalu follow up atau rutin memantau bagaimana perkembangan tim setelah feedback diberikan. Seluruh feedback digunakan untuk meningkatkan kinerja dan penyesuaian untuk memperbaiki kinerja. Pastikan untuk mendokumentasikan inti dari team feedback dan mendiskusikan apa yang berhasil dan apa yang perlu diubah.

Jangan Lupa Bicarakan Hal Positif

Pemberian feedback sering kali menakutkan bagi banyak orang karena pembeberan mengenai kekurangan tim dan karyawan. Tentu hal ini akan membuat penerima feedback dan tim secara keseluruhan menjadi tidak nyaman. Jadi, jangan lupa untuk membicarakan sisi positif dari kinerja tim dan apa saja yang sekiranya tim lakukan untuk meningkatkan sisi positif tersebut.

Sekian artikel tentang mengelola team feedback dengan baik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Mengelola Tim dengan Sistem Remote


Editor: Theo Adi -

     

Komentar