- Bagaimana Menjadi Seorang Public Relation yang Handal?
- Berikut 5 Kemampuan yang Tidak Bisa Digantikan Teknologi
- Berikut 5 Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Penulis
- Berikut 5 Skill yang Diperlukan Dalam Dunia Kerja
- 5 Skill yang Diperlukan Dalam Industri Kreatif
- 5 Analytical Skill yang Perlu Anda Kuasai
- Berikut 5 Skill yang Wajib Dikuasai Customer Service
- 5 Skill Wajib yang Harus Dimiliki UX Writer
- 4 Skill yang Pasti Dipakai Dalam Dunia Kerja
- 4 Tips Mengembangkan Potensi Diri
siker.id - Hubungan masyarakat atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Public Relations adalah bidang komunikasi yang berfungsi untuk membentuk dan mengelola profil publik perusahaan atau individu. Sebagai orang yang bertanggung jawab untuk mengelola profil publik tertentu dari sebuah produk ataupun bisnis perusahaan, PR akan mengemas cerita menarik dari merek itu yang nantinya mampu membuat khalayak tertarik. Biasanya upaya ini dilakukan oleh PR dalam bentuk strategi media sosial dan acara untuk mempromosikan kisah dari merek itu. Untuk menjadi seorang PR yang baik dibutuhkan beberapa skill cerdas, dan ini skill-skill tersebut.
Baca juga: Ini Skill Wajib Dimiliki Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank
Riset
Pakar PR bekerja dengan banyak klien dari berbagai macam kebutuhan sehingga, mereka harus dapat melakukan riset terkait kebutuhan klien dengan cepat dan tepat. Tak heran bila seorang PR harus bisa melakukan riset tentang tata cara berpikir deduktif, induktif, penelitian pustaka, wawancara hingga browsing.
Mengerti media sosial
Skill selanjutnya yang menjadi nilai tambah dari Public Relations adalah terbiasa dengan platform media sosial yang ada. Bahkan bila perlu disertai dengan pengetahuan analitik dari media sosial tersebut. Sebagaimana kita tahu, bahwa kini ada banyak sekali jenis media sosial yang ada mulai dari Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Medium dan sebagainya.
Kemampuan berpikir dan bahasa asing
Globalisasi bisnis telah memaksa profesional Public Relations untuk dapat menguasai banyak bahasa. Kenapa perlu belajar bahasa asing? Lantaran klien dari PR juga bisa berasal dari luar negeri atau bisa saja mereka bekerja di perusahaan multinasional dengan keberagaman budaya dan bahasa di dalamnya. Sehingga untuk membuat strategi bisnis perusahaan, tentu kamu harus memahami komunikasi mereka. Selain itu, saat ini bahan-bahan dari riset juga banyak berasal dari luar negeri, tak heran bila keterampilan bahasa menjadi sangat penting.
Komunikasi
Ini adalah keterampilan yang sangat esensial dan harus dimiliki oleh pelaku PR. Seorang Public Relations harus hebat dalam komunikasi verbal yang meliputi presentasi, interview, bahkan public speaking. Selain itu, Public Relations juga harus lincah dalam komunikasi non verbal, seperti mampu membuat press release, tulisan di situs perusahaan, editing dan tata bahasa.
Sekian artikel tentang skill yang harus dikuasai public relation. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: 4 Skill dalam Teamwork yang Perlu Dikuasai
Editor: -
Komentar
- Bagaimana Menjadi Seorang Public Relation yang Handal?
- Berikut 5 Kemampuan yang Tidak Bisa Digantikan Teknologi
- Berikut 5 Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Penulis
- Berikut 5 Skill yang Diperlukan Dalam Dunia Kerja
- 5 Skill yang Diperlukan Dalam Industri Kreatif
- 5 Analytical Skill yang Perlu Anda Kuasai
- Berikut 5 Skill yang Wajib Dikuasai Customer Service
- 5 Skill Wajib yang Harus Dimiliki UX Writer
- 4 Skill yang Pasti Dipakai Dalam Dunia Kerja
- 4 Tips Mengembangkan Potensi Diri