- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?
- Berikut Tips Melewati Tiga Bulan Pertama Kerja
- Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan
siker.id - Dalam dunia kerja, hard skill dan soft skill saling dibutuhkan dan diperlukan. Hard skill diartikan sebagai sebuah pengetahuan dan kemampuan spesifik yang dipelajari melalui pendidikan atau pelatihan.
Setiap perusahaan biasanya meminta hard skill khusus yang mendukung pekerjaan yang dilakukan nantinya. Sehingga seringnya hard skill hanya bisa digunakan dalam satu bidang saja. Berikut ini adalah hard skill yang wajib dimiliki dalam dunia kerja.
Baca juga : 3 Skill yang Wajib Dikuasai Email Marketing Specialist
1. Teknologi komputer
Kemampuan untuk mengoperasikan komputer menjadi skill yang wajib dimiliki siapa saja yang memasuki dunia kerja. Ini adalah kemampuan untuk menggunakan software maupun hardware, mulai dari kemampuan dasar, umum, hingga kemampuan spesifik yang berkaitan dengan bidang tertentu.
Beberapa kemampuan yang harus dimiliki antara lain adalah Microsoft Office, Google Drive, Spreadsheet, Email, Media Sosial, Manajemen Database, Presentasi, dan masih banyak lagi.
2. Marketing
Ketrampilan marketing atau pemasaran meliputi pengetahuan umum tentang pemasaran, pengiklanan, riset konsumen, juga pengetahuan tentang digital marketing yang sangat dibutuhkan dalam online marketing yang sedang marak saat ini.
Contoh ketrampilan marketing masa kini adalah sosial media marketing, paid, social media advertising, email marketing, data visualization, Google Analytics, dan masih banyak lagi.
Baca juga : Skill yang Harus Dikuasai Generasi Digital
3. Presentasi
Presentasi sering dikaitkan dengan kemampuan untuk berbicara di depan umum, sehingga banyak dikategorikan dalam soft skill. Namun untuk mendukung presentasi yang baik, hard skill juga sangat diperlukan.
Antara lain seperti komunikasi visual, riset, analisis data, pembuatan laporan, hingga desain grafis untuk membuat presentasi yang menarik. Artinya, hard skill dan soft skill sama-sama dibutuhkan dalam presentasi.
4. Desain
Segala ketrampilan yang terkait dengan desain sedang sangat dibutuhkan saat ini. Mulai dari desain grafis, illustrator, visualisasi data, UI/UX, typography, acrobat, dan lain sebagainya.
Itulah dia beberapa hard skills yang wajib dimiliki ketika Anda memasuki dunia kerja, semoga membantu. Sekian artikel ini menjelaskan, apabila ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga : Basic Skill Yang Harus Dimiliki Para Mahasiswa Teknik
Komentar
- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?
- Berikut Tips Melewati Tiga Bulan Pertama Kerja
- Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan