- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?
- Berikut Tips Melewati Tiga Bulan Pertama Kerja
- Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan
siker.id - Di kantor pasti sudah diberi tim oleh atasan tanpa bisa memilih dengan siapa kita bekerja di tim tersebut. Setiap tim juga membutuhkan kerjasama yang solid. Kalau dalam bekerja kamu masih gampang emosi atau sensian, berarti kamu masih belum benar-benar profesional.
Di dalam tim, jika ada seorang anggota atau rekan kerja yang baper, sensi, atau gampang tersinggung, hal seperti ini yang akan menghambat pekerjaan dan kesolid-an sebuah tim. Baper adalah hal pertama yang harus disingkirkan jauh-jauh demi keberhasilan pekerjaan atau project yang sedang tim kamu kerjakan.
Baca juga : 3 Cara Lakukan Virtual Kolaborasi yang Efektif
Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk kamu menghadapi rekan kerja yang baperan.
1. Lakukan Pendekatan Personal
Rekan kerja yang selalu pakai perasaan saat bekerja, perlu didekati secara personal. Bukan untuk mengambil hatinya, setidaknya agar urusan pekerjaan bisa berjalan lancar tanpa kendala.
Karena itu, asah kemampuan interpersonal kamu untuk bisa membuka pembicaraan dua arah dengannya. Kamu bisa coba bertanya apa yang terjadi atau masalah apa yang lagi mengganggu pikirannya sehingga sikapnya kurang bersahabat. Dengarkan keluh kesahnya agar dia merasa dimengerti.
Baca juga : 3 Cara Ampuh Negosiasi Gaji
2. Selalu Buka Komunikasi
Penting buat kamu untuk selalu membuka jalur komunikasi pada si baperan ini. Tidak hanya saat kamu butuh bantuan dia aja, tapi juga saat kamu tidak perlu bantuan apa-apa dari dia.
Bersikap ramah dan hangat padanya akan membuat dia merasa bahwa kamu bukanlah ancaman buat dia. Selain itu, menjalin komunikasi yang terbuka akan menghilangkan rasa sungkan saat kamu mesti menghadapi hal-hal yang nggak penting tadi, misalnya ngambek.
3. Jangan Terpancing Emosi
Kamu mungkin akan mendapatkan respons yang tidak mengenakkan dari si sensi dan baper ini. Sebaiknya jangan sampai terpancing emosi.
Kalau dia bersikap tidak ramah, ketus, atau bahkan marah, sebisa mungkin tidak mengimbanginya dengan emosi yang sama. Sebaliknya, lakukan pendekatan yang soft agar rekan kerjamu ini tidak semakin merasa tersinggung.
Nah, itulah dia beberapa cara untuk kamu menghadapi rekan kerja yang baperan, semoga membantu ya!
Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga : 3 Cara Membangun Sebuah Koneksi dengan Rekan Kerja
Komentar
- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?
- Berikut Tips Melewati Tiga Bulan Pertama Kerja
- Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan