Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Beri Kesan Baik saat Wawancara Kerja
Siker.id | 12 Jun 2022 12:00


Bagikan ke
Beri kesan baik saat wawancara (siker)

siker.id - Interview kerja bukanlah hal yang bisa disepelekan dan tanpa adanya persiapan yang matang, karena ini menyangkut masa depan kariermu. Tidak jarang pula hanya ada satu kali kesempatan dalam seumur hidup untuk mencoba melamar pada suatu perusahaan yang sudah kamu impikan selama ini. Berikut ini tips agar meninggalkan kesan baik saat interview.

Baca juga: 3 Teknik Wawancara yang Biasa Dipakai Perusahaan

Latihan sebelum berangkat

Practice makes perfect, tentunya pepatah ini tidak bohong. Semakin sering berlatih akan membuatmu jadi lebih luwes dalam berbicara dan menghadapi pertanyaan yang tidak terduga. Daripada berlatih interview di depan cermin, lebih baik kamu berlatih dengan teman atau saudara, hal ini membantumu merasakan situasi baru dan membuatmu lebih bersungguh-sungguh. Walaupun pertanyaan yang diberikan oleh para interviewer terbilang mudah, bisa jadi itu adalah pertanyaan yang menjebak. Jadi, usahakan untuk menjawab seluruh pertanyaan dengan tidak-biasa-biasa-saja.

Pilih pakaian yang benar

Sering kali ketika berdiri di depan tumpukan pakaian kamu akan merasa tidak menemukan satu pun pakaian yang layak dikenakan. Dalam interview kerja pemilihan pakaian yang tepat jadi yang utama, karena pakaianmu jadi bagian penting dalam menentukan first impression pada orang lain. Tergantung dari perusahaan yang kamu lamar, maka kamu harus beradaptasi dengan pakaianmu. Aturan dasar dalam berpakaian saat wawancara kerja adalah dengan tidak menggunakan pakaian yang terlalu terbuka, usahakan untuk memilih warna natural dan tidak mencolok, serta pastikan kalau pakaianmu sudah bersih dicuci dan disetrika.

Baca juga: Berikut 4 Jenis Wawancara Kerja

Tepat waktu

Berusahalah untuk datang lebih awal dari waktu yang telah ditentukan pihak pewawancara. Apalagi kalau kamu harus naik kendaraan umum yang tidak bisa dipastikan kedatangannya. Paling tidak kamu harus sudah sampai di lokasi 30 menit sebelum jam yang telah dijadwalkan. Jangan sampai kamu jadi kandidat terakhir atau bahkan membuat pewawancara yang harus menunggu kehadiranmu. Hal ini dapat mempengaruhi bahkan mengurangi penilaianmu nanti.

Sekian artikel tentang tips beri kesan baik saat wawancara kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Menghadapi Wawancara Kerja via Telepon


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar