Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Konflik di Tempat Kerja dan Penyelesaiannya
Siker.id | 16 Jun 2022 07:00


Bagikan ke
Macam konflik di tempat kerja (siker)

siker.id - Konflik di tempat kerja adalah contoh hal yang cukup normal terjadi. Menariknya, sejumlah konflik di tempat kerja yang sering terjadi berpotensi untuk membawa dampak positif bagi tim, performance, dan bisnis apabila diselesaikan dengan baik. Tetapi tidak menutup kemungkinan hal itu bisa berdampak negatif pula bila ternyata salah dalam upaya penyelesaiannya. Nah berikut ini ada beberapa contoh konflik yang sering terjadi beserta penyelesaiannya.

Baca juga: 3 Jenis Konflik Yang Sering Terjadi Di Kantor

Konflik karena gaya kepemimpinan

Setiap orang memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda-beda. Secara faktual pun boleh dikatakan bahwa tidak ada rumus atau cara yang pasti untuk memimpin. Di kantor, mungkin kamu akan menemukan beberapa pemimpin yang memiliki karisma tinggi dan tegas, ada pula yang santai. Konflik dapat terjadi ketika bawahan merasa tidak cocok dengan gaya kepemimpinan seorang leader yang bertentangan dengan karakter dan interest mereka. Penyelesaian konflik ini adalah membekali diri bahwa setiap orang itu berbeda. Selain itu, kita juga perlu untuk menghargai setiap orang yang menjadi bagian dari perusahaan.

Konflik karena ada rekan kerja yang dipromosikan

Mendapatkan promosi mungkin hal yang diidam-idamkan banyak karyawan. Sayangnya, slot posisi yang tersedia untuk promosi sangat terbatas jumlahnya. Ketika ada salah satu anggota tim yang mendapatkan promosi, beberapa orang mungkin akan merasa iri hati. Konflik akan terjadi apabila ada pihak yang mulai bergosip atau mengekspresikan rasa iri serta dendamnya dengan cara lain. Cara penyelesaiannya adalah pasang mindset bahwa kamu berupaya memberikan ruang untuk rekanmu itu bertumbuh lewat posisi barunya. Upayakan untuk tidak menelan begitu saja testimoni buruk yang kamu dengar tanpa membuktikannya terlebih dahulu.

Baca juga: 3 Tips Menyelesaikan Konflik Kerja Tim

Konflik karena pertentangan ide

Konflik ini merupakan salah satu problem yang baik karena menunjukkan sisi produktivitas dari sebuah organisasi. Selain itu, pertentangan ide bisa berpotensi untuk menjadi ruang lahirnya ide yang lebih baik. Ketika pertentangan ide terjadi dengan intensitas yang sangat tinggi, tidak jarang suasana tim menjadi tidak kondusif. Cara penyelesaiannya adalah berbicara satu sama lain dengan kooperatif. Dari situ, masing-masing pihak bisa mencari jalan tengah dari perbedaan ide yang mereka sampaikan. Jika perlu, libatkan pihak lain sebagai penengah, entah itu bos atau rekan kerja.

Sekian artikel tentang macam konflik di kantor dan penyelesaiannya. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Konflik yang Sering Terjadi di Tempat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar