- Bagaimana Caranya Membuat Rapat Lebih Efektif?
- 5 Tips Membuat Rapat Lebih Efektif
- 2 Tips Agar Tidak Bosan Saat Rapat Virtual
- Berikut 3 Tips Meningkatkan Keaktifan Peserta Rapat
- Tips Membuat Rapat yang Efisien
- Berikut 4 Tugas Utama Seorang Moderator
- Berikut 4 Tips Menjadi Moderator yang Handal
- Tips Membuat Notulensi saat Rapat
- 4 Cara Membuat Rapat Kerja Lebih Efektif
- Beberapa Kebiasaan Buruk yang Bisa Dihindari saat Rapat
siker.id - Saat kita sedang melakukan diskusi, ada kalanya kamu tak setuju dengan masukan yang datang kepadamu. Bila sudah begitu, bagaimana cara kamu bisa mempertahankan argumen alias pendapat dengan baik? Ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba. Dengan menerapkannya, kamu bisa memberikan pembelaan diri tanpa terlihat ngotot. Tak hanya itu, argumenmu juga lebih mungkin dipertahankan. Berikut ini ulasannya untuk kamu!
Baca juga: 3 Tipe Pemimpin Rapat di Tempat Kerja
Beri pujian untuk masukan
Cara mempertahankan argumen selanjutnya adalah memberikan pujian atas masukan yang kamu dapat. Masukan yang baik bukanlah masukan yang asal dibuat dan disampaikan. Ada proses analisis dan berpikir di balik masukan tersebut. Itulah mengapa, saat ada yang memberimu masukan, puji orang tersebut. Mereka sudah berusaha berpikir sebelum memberikan masukan. Langkah ini juga bisa membuat suasana lebih cair.
Jangan terpancing emosi
Selanjutnya, jangan terpancing emosi. Ingat, kamu berdiskusi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik, bukan untuk mempertahankan pendapat semata. Jadi, tetaplah tenang. Tarik napas dan buang perlahan-lahan. Lewat cara ini, kamu bisa mempertahankan argumen dengan baik.
Jika perlu, tunda diskusi
Tak dapat dimungkiri, kadang kala, kamu perlu menunda diskusi. Kalau memang diskusi sudah terlalu panas atau kamu terlalu lelah untuk berpikir, istirahatlah. Tutup diskusi untuk sementara dan lanjutkan di sore hari atau esok pagi. Karena itu pastikan kelanjutan diskusi itu sudah dijadwalkan sebelumnya. Jika tidak, konflik akan semakin berlarut-larut.
Baca juga: 3 Tips Mengelola Rapat Online yang Diikuti
Ucapkan terima kasih
Pentingnya mendapat masukan sangatlah baik. Saat menerimanya, kamu bisa tahu kelebihan serta kekuranganmu. Dengan begitu, kamu bisa terus mengembangkan skill. Itulah mengapa, saat ada orang yang memberi masukan, ucapkan terima kasih. Semua itu bisa membantu mengembangkan dirimu.
Jika ada, beri data
Sekarang, kita masuk ke pembahasan cara merangkai dan mempertahankan argumen. Kalau memang pendapatmu berlandaskan data, sampaikanlah data itu. Bukti yang jelas dan nyata bisa menjadi modalmu dalam mempertahankan pendapat.
Sekian artikel tentang tips mempertahankan argumen. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: 3 Tips Membuat Rapat Kerja yang Efektif
Editor: -
Komentar
- Bagaimana Caranya Membuat Rapat Lebih Efektif?
- 5 Tips Membuat Rapat Lebih Efektif
- 2 Tips Agar Tidak Bosan Saat Rapat Virtual
- Berikut 3 Tips Meningkatkan Keaktifan Peserta Rapat
- Tips Membuat Rapat yang Efisien
- Berikut 4 Tugas Utama Seorang Moderator
- Berikut 4 Tips Menjadi Moderator yang Handal
- Tips Membuat Notulensi saat Rapat
- 4 Cara Membuat Rapat Kerja Lebih Efektif
- Beberapa Kebiasaan Buruk yang Bisa Dihindari saat Rapat