siker.id – Tahukah kalian apa itu manajemen mutu? Manajemen mutu ialah tindakan mengawasi aktivitas organisasi, agar dapat mempertahankan tingkat mutu produk maupun layanan yang ditawarkan.
Mutu sangat penting bagi produk dan layanan, agar perusahaan dapat bersaing di pasar. Perusahaan harus bisa memuaskan kebutuhan maupun keinginan konsumen, agar tidak kalah saing dengan kompetitor.
Adapun, fokus ilmu manajemen ini adalah produk, kualitas layanan, serta cara mencapai sekaligus mempertahankan mutu. Sementara, pengertian manajemen mutu menurut para ahli, memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya.
Technical Committee 176 (Quality Management and Quality Assuransce) merumuskan 8 Prinsip Manajemen Mutu ini sebagai dasar dalam merevisi standar ISO 9000: 2000. 8 Prinsip Manajemen Mutu ini dapat digunakan sebagai kerangka kerja dan pedoman peningkatan organisasi.
Di bawah ini terdapat 8 prinsip manajemen mutu yag dapat kamu simak!
Baca Juga: Kamu Harus Tahu Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Ini!
Kepemimpinan
Kepemimpinan yang bagus berbanding lurus dengan kesuksesan organisasi, maka dari itu ciptakan budaya perusahaan yang memberikan kesempatan pada karyawan mengembangkan potensinya. Pemimpin juga melibatkan karyawan dalam penetapan tujuan serta sasaran organisasi.
Fokus pada Pelanggan
Perusahaan tergantung pada pelanggannya, maka harus mengerti apa keinginan pelanggan saat itu dan masa yang akan datang. Temui dan pahami apa keperluan pelanggan dan berusahalah memenuhi bahkan melebihi harapan-harapan pelanggan.
Pendekatan Proses
Proses yang baik dapat menghasilkan peningkatan konsistensi, pengurangan biaya, kegiatan terselesaikan lebih cepat. Selain itu, proses baik dapat mengurangi pembuangan limbah serta adanya peningkatan secara berkelanjutan.
Keterlibatan SDM
Sumber daya manusia pada semua tingkatan adalah faktor penting dari suatu organisasi, keterlibatan sepenuhnya dari mereka memungkinkan kemampuan mereka digunakan untuk tujuan keuntungan organisasi.
Pendekatan Sistem pada Manajemen
Pengidentifikasian, pemahaman dan pengelolaan suatu sistem dari proses-proses yang saling terkait untuk menghasilkan perbaikan-perbaikan yang objektif pada perusahaan dengan efektif dan efisien.
Baca Juga: 4 Tujuan Manajemen Operasional yang Perlu Kamu Ketahui!
Perbaikan yang Berkesinambungan
Perbaikan yang berkesinambungan harus menjadi pekerjaan yang tetap dari organisasi. Jadi, bisnis harus membuat proses baru yang berkelanjutan serta beradaptasi pada kondisi maupun situasi pasar yang cenderung berubah-ubah.
Pendekatan Faktual sebagai Dasar Pengambilan Keputusan
Keputusan yang efektif adalah yang berdasarkan analisa data dan informasi.
Penerapan khusus prinsip ini yakni:
Analisa data dan informasi dengan menggunakan metoda yang benar.
Pastikan bahwa data dan informasi bersifat akurat dan dapat dipercaya.
Sediakan data yang dapat diakses oleh yang pihak membutuhkan.
Buat keputusan dan ambil tindakan berdasarkan fakta analisa, seimbang dengan pengalaman intuisi.
Manajemen Hubungan
Manajemen hubungan merupakan hal yang berkaitan dengan terciptanya hubungan saling menguntungkan pada semua pihak berkepentingan. Contohnya, seperti pada pemasok dan pengecer.
Ketika hubungan dengan pihak-pihak berkepentingan terkelola baik, maka berpeluang terciptanya kolaborasi bisnis berkelanjutan.
Nah itu tadi, 8 Prinsip Manajemen Mutu yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: 4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis
Editor: -