- Yuk, Simak ! Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan
- Waspada ! 8 Tanda Ini Sinyal Kamu akan Kena PHK
- Tawaran Gaji Perusahaan Kecil? Pikirkan Ini
- Dipecat dari Pekerjaan? Tak Usah Malu,Ini Alasannya
- Kebiasaan Malas Bekerja Sering Mengganggu? Atasi dengan ini
- Hari Senin Selalu Melelahkan? Wajib Baca Ini Yuk
- 4 Faktor Utama Penyebab Malas Bekerja, Selengkapnya
- Apa Beda Peraturan Perusahaan dan Perjanjian Kerja Bersama?
- Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
- Dampak Buruk dari Multitasking, Selengkpanya
siker.id – Dalam suatu organisasi perusahaan, kamu akan menemukan susunan struktur organisasi perusahaan. Perusahaan yang sukses umumnya memiliki struktur organisasi yang tertata dan jelas, artinya sesuai dengan fungsinya.
Apa itu struktur organisasi perusahaan? Struktur organisasi perusahaan adalah suatu tingkatan atau susunan yang berisi pembagian tugas dan peran perorangan berdasarkan jabatannya di perusahaan.
Secara umum, struktur perusahaan disusun dalam bentuk bagan atau garis hierarki dan berisi deskripsi dari tiap komponen perusahaan. Dengan dibentuknya struktur perusahaan, setiap SDM (Sumber Daya Manusia) di lingkup perusahaan memiliki peran dan fungsinya masing-masing.
Lalu, apa saja manfaat memiliki struktur organisasi perusahaan? Ini dia jawabannya!
Efisiensi Operasional
Sistem operasi perusahaan beserta segala kebutuhan dapat dicukupi dengan lebih efisien dan efektif jika perusahaan mempunyai struktur organisasi yang jelas dan tertata.
Dalam deskripsi struktur organisasi, tentu terdapat prosedur atau operasional dari masing-masing tugas sehingga tiap tim/individu dapat mengoptimalkan kinerjanya.
Meminimalisasi Konflik Antar Karyawan
Pada lingkungan kerja, konflik merupakan hal yang dapat terjadi. Maka dari itu, perusahaan perlu memiliki struktur organisasi untuk meminimalisir hal tersebut.
Struktur organisasi dapat membantu karyawan untuk fokus pada bagian pekerjaannya masing-masing sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya perselisihan.
Baca Juga: 5 Tujuan Perilaku Organisasi yang Patut Kamu Ketahui!
Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi
Perusahaan yang menerapkan struktur organisasi dengan apik tentu akan membantu meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Hal tersebut membuat pembagian pekerjaan menjadi lebih mudah dan tepat sasaran, sekaligus menghindari terjadinya duplikasi pekerjaan.
Meningkatkan Produktivitas Pekerja
Apabila struktur organisasi serta deskripsi dan panduannya disampaikan dengan jelas kepada setiap pekerja, bukan tidak mungkin tingkat percaya diri mereka semakin meningkat. Dengan demikian, pekerjaan yang dilakukan pun akan membawa hasil yang semakin baik dan produktif.
Nah itu tadi 4 Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: 3 Alasan Pengalaman Organisasi Diletakkan dalam CV
Editor: -
Komentar
- Yuk, Simak ! Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan
- Waspada ! 8 Tanda Ini Sinyal Kamu akan Kena PHK
- Tawaran Gaji Perusahaan Kecil? Pikirkan Ini
- Dipecat dari Pekerjaan? Tak Usah Malu,Ini Alasannya
- Kebiasaan Malas Bekerja Sering Mengganggu? Atasi dengan ini
- Hari Senin Selalu Melelahkan? Wajib Baca Ini Yuk
- 4 Faktor Utama Penyebab Malas Bekerja, Selengkapnya
- Apa Beda Peraturan Perusahaan dan Perjanjian Kerja Bersama?
- Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
- Dampak Buruk dari Multitasking, Selengkpanya