Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Tanggung Jawab Bidang Research & Development
Siker.id | 26 Aug 2022 16:17


Bagikan ke
Tanggung Jawab Bidang Research & Development (siker)

siker.id – Untuk menghasilkan suatu produk bisnis yang berkualitas tinggi dan dapat menjangkau konsumen luas, perusahaan membutuhkan bidang Research and Development. Apa itu bidang Research and Development atau biasa disingkat dengan istilah R&D?

Menurut ekrutes.id, research and development adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan saat perusahaan tersebut sedang melakukan inovasi untuk menciptakan produk atau jasa baru. Untuk menciptakan produk atau jasa baru tersebut, staf R&D melakukan riset atau penelitian dan pengembangan terhadap produk atau jasa yang ingin dibuat.

Lalu, selain melakukan riset ternyata bidang R&D ini juga memiliki pekerjaan lain, lho. Apa saja kah itu?

Baca Juga: Apa Itu Riset Produk? Apa Manfaatnya? Yuk Pahami!

Pengembangan Produk

Salah satu jobdesc bidang ini adalah mengembangkan produk. Pengembangan produk menggunakan data dan penelitian untuk merancang dan membuat produk menggunakan spesifikasi yang membuatnya paling berguna.

Pembaruan Produk

Tanggung jawab berikutnya adalah pembaruan produk. Tim R&D juga menguji dan menganalisis produk saat ini untuk menemukan cara meningkatkannya demi kenyamanan dan kegunaan.

Dalam proses ini, mungkin akan lebih banyak tes dan survei untuk mempelajari apa yang pelanggan pikirkan tentang produk, diikuti dengan menguji desain baru yang menerapkan solusi yang diusulkan.

Kontrol Kualitas

Tanggung jawab ketiga adalah melakukan kontrol kualitas. R&D sering kali mencakup fase pengujian untuk memastikan kualitas produk. Karena tim riset dan pengembangan memahami standar spesifikasi yang dimaksudkan untuk setiap produk, mereka dapat memastikan produk memenuhi atau melampaui standar tersebut.

Baca Juga: 4 Cara Mempromosikan Produk di Sosmed!

Perekrutan Kandidat Berkualitas

Bidang R&D juga bertanggung jawab dalam merekrut kandidat yang berkualitas untuk perusahaan. Untuk melakukan hal tersebut, tim R&D harus bisa terus melakukan inovasi-inovasi terbaru untuk perusahaan agar kandidat berkualitas tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Mengurangi Pengeluaran

Jobdesc lainnya adalah mengurangi pengeluaran. Dalam tahap awal riset, pasti kamu sudah mengumpulkan informasi terkait pasar yang ditargetkan, kompetisi, dan lain-lain. Hasil riset tersebut dapat memperjelas arah pengembangan produk, sehingga biaya produksi tidak terlalu tinggi dan kamu bisa menjual produk dengan harga yang bersaing.

Nah, itu tadi 5 Tanggung Jawab Bidang Research & Development yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Cara Merencanakan Karir Ketika Miliki Banyak Passion


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar