- Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai
- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Anda Lulusan Prodi Sosiologi? Simak Peluang Kerjanya
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
siker.id – Dalam perusahaan bisnis pasti terdapat bidang pemasaran yang ditugaskan untuk memasarkan produk-produk dari perusahaan. Nah, salah satu eksekutif yang bertanggung membawahi bidang pemasaran ini biasa disebut dengan CMO/Chief Marketing Officer. Apa itu CMO?
Menurut kamus.tokopedia.com, Chief Marketing Officer (CMO) merupakan eksekutif perusahaan yang bertanggung jawab atas aktivitas dalam organisasi yang berkaitan dengan menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, atau mitra bisnis.
Lalu, apa saja tugas dan tanggung jawab dari CMO ini? Simak penjelasannya di bawah ini, ya, sobat siker!
Baca Juga: 4 Kesalahan Penggunaan Digital Marketing!
Memahami Perubahan & Perkembangan Praktik Pemasaran
Dunia pemasaran merupakan dunia yang penuh perubahan atau dapat dikatan dinamis yang senantiasa berubah dengan cepat mengikuti arus perkembangan ilmu pengetahuan.
Tentu sebagai seorang CMO, sudah menjadi keharusan untuk memahami perubahan-perubahan yang terjadi. CMO harus bisa mengikuti tren yang ada di tengah-tengah masyarakat dan perkembangan teknologi.
Membuat Strategi Perencanaan
Tugas selanjutnya seorang CMO adalah membuat strategi perencanaan. Seorang CMO juga harus mampu membuat strategi perencanaan yang baik. Hal ini meliputi:
• Menggunakan analisis SWOT untuk menentukan faktor ekonomi mikro yang akan mempengaruhi kesuksesan manajemen bisnis
• Turut serta dalam mengembangkan segmentasi pasar, pencarian prospek, strategi penetapan harga, analisis kompetitif dan analisis pasar
• Mempersiapkan strategi pemasaran secara menyeluruh untuk menggabungkan antara strategi penjualan dan pertumbuhan
Baca Juga: 3 Proses Penerapan Integrated Marketing Communication
Menentukan Tujuan & Target Pemasaran
Tugas selanjutnya ialah memnentukan tujuan dan target pemasaran. Sebagai seorang pimpinan perusahaan dalam bidang marketing, seorang CMO bertugas untuk menentukan tujuan dan target marketing.
Contohnya dengan mengidentifikasi siapa saja yang membutuhkan produk tersebut dan kemana produk tersebut harus dipasarkan.
Menyesuaikan Strategi dengan Budget
Tugas yang tak kalah penting adalah menyesuaikan strategi dengan anggaran yang ada. Hal yang perlu CMO lakukan selanjutnya yakni, memonitori pelaksanaan pemasaran agar sesuai dengan budget. Semua penerapan strategi tentu membutuhkan dana, karena itu harus sesuai dengan simpanan keuangan yang perusahaan miliki.
Nah, itu tadi 4 Tugas Seorang Chief Marketing Officer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: 4 Tips Menggunakan Viral Marketing!
Editor: -
Komentar
- Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai
- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Anda Lulusan Prodi Sosiologi? Simak Peluang Kerjanya
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat