- Begini Prospek Kerja Lulusan Manajemen Perusahaan
- Jurusan Manajemen Perkantoran? Begini Prospek Kerjanya
- Anda Lulusan Manajemen Bisnis Internasional? Baca ini
- 3 Rekomendasi Film Pembelajaran Manajemen Tim
- 4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis
- 4 Macam Sistem Informasi Manajemen
- 4 Macam Sistem Informasi Manajemen
- 4 Tujuan Manajemen Operasional yang Perlu Kamu Ketahui!
- 8 Prinsip Manajemen Mutu untuk Kamu Ketahui!
- Kamu Perlu Tahu Fungsi Manajemen Pemasaran!
siker.id – Perusahaan bisnis pastinya memiliki pelanggan yang menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan, perusahaan tentu harus memiliki pengelolaan pelanggan yang baik. Hal ini biasanya dinamakan dengan manajemen hubungan pelanggan. Apa itu manajemen hubungan pelanggan?
Manajemen hubungan pelanggan atau customer relaionship management (CRM) merupakan suatu sistem maupun proses yang dimiliki perusahaan bisnis dalam mengukur dan meningkatkan cara perusahaan berinteraksi dengan dan memengaruhi pelanggan.
Tujuan adanya CRM ini ialah mengumpulkan informasi yang cukup tentang pelanggan dan menggunakannya dengan cukup baik untuk meningkatkan interaksi positif pelanggan dengan perusahaan, sehingga mampu meningkatkan sisi penjualan perusahaan.
Lantas, apa saja jenis-jenis CRM yang ada di perusahaan? Simak penjelasannya di bawah ini!
Baca Juga: 4 Tips Menangani Keluhan Pelanggan
CRM Analitik
CRM analitik merupakan sistem CRM yang dapat membantu manajemen atas, pemasaran, sales, dan layanan pelanggan dalam menentukan cara terbaik melayani pelanggan. Fungsi utama CRM jenis ini adalah analisis data.
CRM jenis ini menganalisis data pelanggan yang berasal dari berbagai sumber. Data ini kemudian digunakan untuk memperoleh insight mengenai status terkini perusahaan. Data tersebut akan membantu manajemen atas dalam mengambil keputusan yang lebih baik serta memahami efektivitas kampanye.
CRM Kolaboratif
CRM kolaboratif merupakan sebuah sistem CRM yang dapat membantu perusahaan untuk membagikan informasi pelanggan antar unit bisnis seperti tim sales, marketing, pendukung, dan teknis.
Selain itu, CRM kolaboratif membantu menyatukan semua tim untuk mencapai satu tujuan yakni, dengan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan kualitas customer service sehingga menghasilkan loyalitas pelanggan dan mendapat pelanggan baru untuk meningkatkan penjualan.
CRM Operasional
CRM operasional ini memiliki fungsinya sendiri. Salah satunya adalah dapat memudahkan perusahaan untuk mengelola database dari pelanggan yang telah terkumpul. CRM operasional bisa membantu perusahaan dalam sales automation, marketing automation, dan service automation.
Baca Juga: Ini Dia Cara Memperoleh Banyak Pelanggan Bisnismu!
CRM Strategis
Selanjutnya adalah CRM strategis. CRM strategis sendiri mempunyai pengertian yang hampir sama dengan CRM kolaboratif. Hanya saja, pada jenis CRM ini fokus utamanya ada pada customer. CRM kolaboratif memungkinkan perusahaan menggunakan informasi tentang customer dan tren pasar untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
CRM Manajemen Kampanye
CRM manajemen kampanye ini ialah kombinasi antara CRM analitik dan operasional dengan memadukan antara fitur yang memungkinkan penggunaan data pelanggan yang telah dikumpulkan dan wawasan untuk menjalankan kampanye pemasaran atau penjualan.
Nah, itu tadi 5 Jenis CRM Perusahaan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: 5 Manfaat CRM bagi Perusahaanmu!
Editor: -
Komentar
- Begini Prospek Kerja Lulusan Manajemen Perusahaan
- Jurusan Manajemen Perkantoran? Begini Prospek Kerjanya
- Anda Lulusan Manajemen Bisnis Internasional? Baca ini
- 3 Rekomendasi Film Pembelajaran Manajemen Tim
- 4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis
- 4 Macam Sistem Informasi Manajemen
- 4 Macam Sistem Informasi Manajemen
- 4 Tujuan Manajemen Operasional yang Perlu Kamu Ketahui!
- 8 Prinsip Manajemen Mutu untuk Kamu Ketahui!
- Kamu Perlu Tahu Fungsi Manajemen Pemasaran!