- Penting Bagi HRD ! Tips Memaksimalkan Wawancara Online
- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
siker.id – Pemasaran secara online kini telah banyak digunakan oleh para marketer untuk menawarkan produk mereka. Dengan menggunakan saluran online, kini para pengiklan dipermudah dan implementasi penggunaanya juga mudah dilakukan. Nah, salah satu cara pemasaran online yang kini lazim digunakan oleh marketers adalah mobile marketing. Apa itu mobile marketing?
Mobile marketing atau pemasaran secara selululer merupakan sebuah strategi pemasaran produk atau layanan melalui teknologi digital dan multi-saluran untuk menjangkau target konsumen melalui perangkat seluler (smartphone atau tablet).
Mobile marketing ini juga memiliki beberapa jenis. Berikut penjelasannya di bawah ini!
Baca Juga: 5 Tips Melakukan Omnichannel Marketing!
In-games Marketing
Jenis pertama adalah In-games marketing. Maksudnya, iklan-iklan ini biasa muncul ketika kamu sedang bermain games. Munculnya iklan saat sedang bermain games biasanya dalam bentuk spanduk iklan (banner pop-ups), iklan dengan gambar penuh (full-image ads), atau bahkan iklan dalam bentuk video (video ads).
Pemasaran melalui SMS/MMS
Jenis kedua adalah SMS/MMS. Short message service atau yang lebih dikenal SMS merupakan konsep awal mobile marketing dan masih banyak digunakan untuk mempromosikan berbagai macam jenis produk dan jasa hingga saat ini. Hal yang sama juga berlaku pada MMS (multimedia message service), bedanya adalah MMS bisa mengirimkan teks, foto, video, dan audio sedangkan SMS hanya bisa mengirimkan teks.
Baca Juga: 3 Proses Penerapan Integrated Marketing Communication
Quick Response Barcode (Kode QR)
Jenis ketiga adalah dengan menggunakan kode QR. Kode ini menggunakan kamera, dan mengarahkan kemudian pelanggan diarahkan ke situs terkait sehingga mereka dapat melihat lebih banyak informasi mengenai brand tertentu.
Location-Based Marketing
Jenis pemasaran yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan basis lokasi. Iklan ini akan muncul sesuai dengan lokasi pengguna smartphone. Sebagai contoh di wilayah X terdapat kafe baru dan mereka memasang iklan lokasi, maka kamu akan menerima iklan itu ketika kamu ada di wilayah tersebut atau sekitarnya.
Mobile Search Ads dan Mobile Image Ads
Jenis selanjutnya yakni, mobile search ads dan mobile image ads. Ketika kamu mengetik nama produk, tempat, atau ayanan di search engine seperti Google, maka kamu akan menerima iklan dari hal serupa yang tadi kamu cari.
Begitu juga dengan pencarian gambar pada search engine yang sama. Ini memang permainan digital marketing yang unik.
Nah, itu tadi 5 Jenis Mobile Marketing yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: Pahami 4 Tugas Seorang Chief Marketing Officer Ini!
Editor: -
Komentar
- Penting Bagi HRD ! Tips Memaksimalkan Wawancara Online
- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing