- Mengapa Sering Terjadi Konflik Kerja di Perusahaan?
- Berikut Tips Menghindari Konflik Dengan Rekan Kerja
- Berikut Solusi Bila Berkonflik Dengan Rekan Kerja
- Bagaimana Menengahi Rekan Kerja Yang Berkonflik?
- Contoh Konflik yang Sering Terjadi di Tempat Kerja
- 4 Tips Menghindari Konflik dengan Atasan
- 3 Konflik yang Sering Terjadi di Tempat Kerja
- 3 Tips Menyelesaikan Konflik Kerja Tim
- 3 Jenis Konflik Yang Sering Terjadi Di Kantor
- 3 Konflik di Tempat Kerja dan Penyelesaiannya
siker.id - Konflik di tempat kerja bisa mempengaruhi performa pekerjaan yang sedang dilakukan. Jika Anda mengalami perbedaan pendapat maupun sebab lain yang berujung pada pertengkaran dengan rekan kerja, maka Anda sebaiknya segera membereskan masalah tersebut agar tidak mengganggu pekerjaan Anda. Beberapa cara untuk mengatasi konflik di tempat kerja berikut ini mungkin bisa Anda terapkan untuk menyelesaikan masalah dengan rekan kerja.
Baca juga: Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
1. Turunkan Ego Pribadi
Salah satu pemicu konflik di tempat kerja adalah tingginya ego masing-masing pekerja. Cara menghadapi konflik di tempat kerja yang pertama adalah menurunkan ego masing-masing pihak. Cobalah untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. Jangan merasa benar, cobalah untuk memahami lawan.
2. Coba Mendengarkan
Setelah menurunkan ego masing-masing pihak, cara menghadapi konflik di tempat kerja selanjutnya adalah mencoba mendengarkan keluh kesah. Konflik biasanya terjadi karena kesalahpahaman akibat kedua belah pihak tidak saling mendengarkan dan memahami pendapat masing-masing. Saat mencoba mendengarkan, jangan potong pembicaraan pihak yang sedang berbicara.
3. Tunggu Suasana Lebih Tenang
Cara selanjutnya tunggu hingga suasana tenang. Bila ada salah satu kepala yang emosi, sebaiknya tunda dahulu diskusi Anda. Namun, jangan telalu lama menunda karena bisa saja masalah tersebut meninggi sehingga masalah jadi semakin runyam. Ketika kondisi kedua belah pihak sudah mulai tenang, panggil keduanya untuk duduk satu meja, kemudian bicarakan baik-baik.
4. Jangan Menyalahkan dengan Nada Tinggi
Mungkin memang salah satu pihak benar-benar bersalah dan dalam hal ini Anda juga melihat bahwa pihak tersebut memang sudah seharusnya bertanggung jawab. Meski begitu, jangan lantas menyalahkan orang tersebut dengan memarahinya. Ungkapkan kesalahannya dengan tenang. Pastikan suasana tetap tenang dan tetap hormati pihak yang bersalah.
Baca juga: Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
5. Fokus pada Konflik
Cara menghadapi konflik di tempat kerja selanjutnya dapat dilakukan dengan fokus pada konflik, bukan perasaan pribadi. Buat konflik tetap pada koridornya tanpa menjatuhkan orang lain secara personal. Jangan pernah mengungkit kesalahan yang pernah dilakukan pihak lawan.
6. Libatkan Atasan
Setiap konflik yang terjadi, harus ada penengah. Jika Anda dan kolega yang berkonflik memiliki jabatan yang sama, coba libatkan atasan sebagai penengah. Posisi atasan yang lebih tinggi dan netral dapat menyesuaikan dan menentukan bagaimana langkah mengatasi konflik sesuai dengan masalahnya sendiri.
7. Minta Masing Pihak Memberikan Solusi
Mungkin Anda sulit menentukan kata sepakat dari kedua belah pihak. Bila hal tersebut yang terjadi, maka sebaiknya mintalah masing-masing pihak untuk menawarkan solusi terbaik mengenai masalah tersebut. Perhatikan ide-ide yang mereka ungkapkan. Ambil solusi terbaik dari kedua belah pihak sehingga masing-masing dapat saling menerima dan melakukan rencana ke depan.
Sekian artikel tentang solusi menyelesaikan konflik kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Cara Mengendalikan Emosi di Tempat Kerja, Selengkapnya
Komentar
- Mengapa Sering Terjadi Konflik Kerja di Perusahaan?
- Berikut Tips Menghindari Konflik Dengan Rekan Kerja
- Berikut Solusi Bila Berkonflik Dengan Rekan Kerja
- Bagaimana Menengahi Rekan Kerja Yang Berkonflik?
- Contoh Konflik yang Sering Terjadi di Tempat Kerja
- 4 Tips Menghindari Konflik dengan Atasan
- 3 Konflik yang Sering Terjadi di Tempat Kerja
- 3 Tips Menyelesaikan Konflik Kerja Tim
- 3 Jenis Konflik Yang Sering Terjadi Di Kantor
- 3 Konflik di Tempat Kerja dan Penyelesaiannya