- Berikut Ini Tips Menjadi Atasan Yang Baik
- Begini Etika Dalam Penggunaan Fasilitas Kantor
- Berikut Tips Menata Ulang Tempat Kerja Agar Produktif
- 5 Sifat yang Dimiliki Orang Sukses
- Tanda Anda Terlalu Baik Sebagai Rekan Kerja
- 3 Hal yang Membuat Kita Mudah Menyerah
- Tips Mengatasi Karyawan Yang Sering Izin
- 3 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Public Speaking
- 5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Pekerja
- Fresh Graduate? Ini Tips Untuk Memulai Karir
siker.id – Brand atau merek merupakan nyawa dari suatu produk bisnis. Tentu, semakin banyak orang mengenal brandmu, semakin panjang pula umur bisnismu. Untuk itu, diperlukan upaya dalam menjaga merek agar tetap dikenal konsumen. Karena, dengan bertahan lamanya suatu produk itu berarti produkmu telah sukses menarik minat konsumen atau pelangganmu di pasaran. Hal tersebut harus dipertahankan agar bisnis tetap dapat berjalan lebih lama.
Nah, agar bisnismu tetap bertahan lama penting bagi kamu untuk mempertahankan brandmu. Lantas bagaimana caranya? Berikut penjelasannya!
Baca Juga: Ini Dia 4 Manfaat Brand Equity
Menjaga Kualitas Produk
Pertama, kamu perlu menjaga kualitas produk. Menjaga kualitas produk juga merupakan cara branding yang akan membuat produkmu akan lebih dikenal oleh konsumen kamu lebih lama.
Bila kualitas sebuah produk selalu konsisten dalam kondisi baik, maka orang akan selalu percaya terhadap integritas bisnis, apapun produk yang dipasarkannya.
Atur dan Kelola Aset Marketing
Kedua, kamu perlu mengatur dan mengelola aset marketing. Menjaga brand tetap konsisten disemua chanel bisa menjadi mudah jika semua aset kamu dapat diakses oleh semua orang yang membutuhkan.
Manajemen aset membuat orang menggunakan aset yang tepat untuk marketing. Hal ini membuat tim merasa nyaman, proses desain lebih cepat dan kolaborasi menjadi lebih sederhana.
Mudah Diucap & Diingat
Kamu perlu memiliki brand yang mudah diucap dan diingat. Nama yang mudah untuk diingat adalah nama yang terdiri dari dua sampai empat suku kata, namun tidak bertabrakan dengan 2-3 konsonan.
Baca Juga: 5 Cara Membangun Brand Equity
Buat Panduan Merek
Tips selanjutnya adalah membuat panduan merek. Setelah memahami nilai merek yang konsisten, kamu akan melihat betapa pentingnya panduan merek dalam bisnis.
Setiap bisnis, besar dan kecil, harus memiliki panduan merek lengkap yang terkait dengan misi merek, nilai proposisi, penggunaan logo, ikonografi, warna merek, font dan tipografi, spesifikasi, format media, dan grafis.
Saat kamu memiliki buku pegangan, ini akan membantu menjaga seluruh bisnis kamu pada arah yang sama.
Menetapkan Brand Guideline
Tips selanjutnya adalah menetapkan brand guideline. Brand guideline adalah sekumpulan aturan yang menjelaskan bagaimana cara kerja Brand. Seperti elemen logo, tagline/slogan, warna, font/typografi, dan apa tujuan sebuah brand.
Brand guideline menjadi aturan untuk penggunaan logo dengan elemen lainya dari material desain grafis perusahaan.
Brand guideline mempengaruhi setiap marketing, komunikasi, dan produk/layanan. Ketidak konsistenan dalam identitas sebuah brand atau material promosi dapat mengurangi kredibilitas suatu perusahaan dan juga brandnya.
Nah, itu tadi 5 Tips Mempertahankan Brand yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Editor: -
Komentar
- Berikut Ini Tips Menjadi Atasan Yang Baik
- Begini Etika Dalam Penggunaan Fasilitas Kantor
- Berikut Tips Menata Ulang Tempat Kerja Agar Produktif
- 5 Sifat yang Dimiliki Orang Sukses
- Tanda Anda Terlalu Baik Sebagai Rekan Kerja
- 3 Hal yang Membuat Kita Mudah Menyerah
- Tips Mengatasi Karyawan Yang Sering Izin
- 3 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Public Speaking
- 5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Pekerja
- Fresh Graduate? Ini Tips Untuk Memulai Karir