- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
- 4 Tips Menjalankan Sales Canvassing
siker.id – Bagi para marketer atau pemasar, strategi memasarkan produk secara online dinilai sebagai cara memasarkan yang lebih efektif dan efisien. Salah satu strateginya adalah dengan menggunakan strategi konten pemasaran.
Menurut Alexa, strategi konten adalah cara kita merencanakan apa yang ingin dicapai dengan publikasi konten, tipe konten apa yang paling sesuai, dan bagaimana cara membuat dan mendistribusi konten serta bagaimana cara mengukur keberhasilannya. Dengan begitu, calon konsumen diharapkan tertarik dengan konten yang kita berikan sehingga outputnya adalah mereka tertarik juga untuk membeli produk kita.
Lalu, bagaimana menyusun strategi konten yang tepat? Begini penjelasannya!
Baca Juga: 5 Rekomendasi CMS Untuk Keperluan Konten
Kenali Audiens
Pertama, kamu harus mengenali audiensmu. Pengetahuan yang penting untuk diketahui sebelum menyusun strategi konten adalah informasi tentang audiens. Tanpa informasi ini, strategi yang dibuat tidak akan efektif.
Ketahui siapa atau golongan orang seperti apa yang akan menjadi fokus perusahaan dengan strategi content marketing. Kemudian, pelajari apa yang mereka sukai atau hal apa yang menjadi perhatian mereka secara umum.
Riset Kompetitor
Kedua, gunakanlah riset. Strategi konten yang baik juga harus mempertimbangkan kompetitor. Selalu ketahui apa yang sedang kompetitor lakukan atau kembangkan.
Gunakan tools-tools yang bisa membantumu unuk memantau aktivitas kompetitor dan mengetahui tren industri sehingga kamu bisa menemukan peluang untuk sukses di pasar.
Baca Juga: 5 Cara Untuk Pemula Membuat Konten Vlog
Estimasi Biaya
Ketiga, lakukan estimasi biaya. Tentunya, pemasaran konten tidak dapat berjalan tanpa biaya. Oleh karena itu, dalam menyusun strategi konten, penting juga untuk menghitung biaya yang diperlukan untuk mewujudkan strategi dan mencapai tujuan. Sebisa mungkin, strategi yang dibuat harus efisien.
Rencanakan Metrik Pengukuran Hasil
Tips terakhir ini penting. Tentunya keberhasilan sebuah strategi harus bisa diukur. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui metrik-metrik apa saja yang tepat untuk mengukur keberhasilan tujuan yang sudah ditetapkan.
Contohnya, jika tujuannya adalah untuk menumbuhkan brand awareness, metrik yang perlu ditinjau adalah pertumbuhan traffic, views, dan shares.
Nah, itu tadi 4 Cara Menyusun Strategi Konten yang Benar yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: 3 Aplikasi Wajib Untuk Konten Lebih Menarik
Editor: -
Komentar
- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
- 4 Tips Menjalankan Sales Canvassing