Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Simak ! Cara Membuat Lingkungan Kerja yang Nyaman
Siker.id | 26 Nov 2021 16:15


Bagikan ke

siker.id - Lingkungan kerja juga menjadi salah satu hal penting dalam menentukan sukses atau tidaknya kita berkarir di sebuah perusahaan. Kunci kesuksesan perusahaan terletak pada lingkungan kerja. Jika semakin baik lingkungan kerja, karyawan akan produktif dan betah bekerja. Hal ini berdampak pada kemajuan perusahaan dalam jangka panjang, sebab mereka akan menghasilkan potensi terbaik.

Lingkungan kerja yang nyaman dengan komunikasi lancar merupakan salah satu faktor pendukung kesuksesan bisnis. Lingkungan kerja yang seperti ini akan membuat para karyawan menjadi lebih loyal dan bisa b ekerja dengan maksimal sepanjang waktu.

Baca juga: Mengapa Banyak Karyawan Mengalami Stres Kerja?

Namun di dalam prakteknya hal ini tentu tidak selalu mudah diciptakan, mengingat akan ada banyak orang yang bekerja di dalam sebuah lingkungan perusahaan atau bisnis.

Lalu, bagaimana cara membangun lingkungan kerja yang menyenangkan? Berikut penjelasannya.

1. Tingkatkan komunikasi

Komunikasi dalam segala hal adalah hal yang penting. Begitu juga dalam meningkatkan suasana lingkungan kerja. Cobalah untuk mengajak karyawan untuk berbicara santai, dan hargai kerja keras mereka. Hal ini akan membuat karyawan merasa dihargai, dan nyaman bekerja di perusahaan.

Selain itu, pastikan juga karyawan diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan atau penilaian terhadap atasan atau manejerial.

2. Memberi Fasilitas pada Karyawan untuk Berkolaborasi

Beri fasilitas para karyawan tersebut untuk bisa berkolaborasi sekaligus berdiskusi. Mengatur meja dalam sebuah ruangan yang saling berhadapan menjadi salah satu caranya. Buat para karyawan di perusahaan bisa saling bekerja sama dan tidak bekerja sendiri-sendiri. Kerjasama yang terjalin berasal dari mereka yang saling mendukung satu sama lain.

3. Merancang tempat kerja yang nyaman

Baik atau tidaknya hasil kerja seseorang terkadang ditentukan dengan tingkat kenyamanan tempat atau ruang kerjanya. Berikanlah karyawan kebabasan untuk menata meja kerja atau ruang kerjanya sendiri. Biarkan karyawan membawa hiasan atau poster yang dapat meningkatkan semangatnya dalam bekerja. Dan biarkan juga karyawan untuk mendengarkan music, selama tidak mengganggu.

Baca juga: Berikut Ini Cara Membuat Perusahaan Lebih Produktif

4. Biasakan untuk menghargai perbedaan pandangan

Perbedaan pandangan tentu akan menjadi hal yang lumrah di dalam lingkungan kerja. Ini bisa jadi sebuah tantangan dan sekaligus menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Tidak perlu antipati dengan pandangan yang berbeda dari pemikiran kamu, apalagi terkait dengan pekerjaan. Biasanya untuk menghargai semua pendapat orang, termasuk pandangan yang berbeda tersebut.

Jika kamu merasa pandangan tersebut kurang tepat, maka sampaikan hal tersebut serta pandangan kamu dengan cara yang sopan.

5. Ciptakan Kebersamaan

Ciptakan kebersamaan dalam perusahaan sebagai sebuah tim. Misalnya, bisa mengadakan office gathering atau team building. Atau hal yang paling sederhana adalah mengadakan acara makan siang bersama, maupun mengadakan pesta kejutan bagi karyawan yang sedang berulang tahun.

6. Memberikan Apresiasi Kepada Karyawan

Jika Anda dengan tim sudah menyelesaikan proyek pekerjaan dengan baik maka Anda bisa mengajak mereka untuk makan bersama. Hal itu juga menjadi cara yang paling sederhana dalam meningkatkan kepuasan untuk karyawan. Anda juga memberi apresiasi penuh pada karyawan Anda yang telah bekerja keras. Orang-orang yang telah diapresiasi akan terus bekerja dengan giat dan menghargai Anda.

7. Menyediakan peralatan kantor yang lengkap

untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman perusahaan juga harus menyediakan peralatan kantor yang lengkap. Contoh dari peralatan kantor yang lengkap ini seperti printer, perangkat komputer atau laptop, kamera, proyektor LCD, telepon, faksimili, mesin fotokopi dan sebagainya.

Dengan peralatan kantor yang lengkap, karyawan dapat menyelesaikan tugas dengan efisien dan tepat waktu. Kebiasaan kontraproduktif karena keterbatasan alat kantor tersebut bisa dihindari. Sehingga pekerjaan menjadi semakin cepat dan lancar untuk dikerjakan.

8. Pastikan Pencahayaan di Ruangan Kerja Karyawan Maksimal

Pencahayaan yang baik akan memberi energi positif yang juga baik, pada orang-orang yang bekerja di ruangan. Pencahayaan dengan sinar yang cukup, akan mengisi energi karyawan Anda sepanjang hari dalam bekerja. Sehingga mereka juga akan lebih fokus bekerja dengan baik. Jika tidak menggunakan lampu di siang hari, pastikan ukuran jendela di ruangan karyawan itu besar. Supaya sinar matahari bisa masuk ke sana.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Jika diikuti, karyawan serta manajemen pun akan senang karena kinerja yang meningkat.

Baca juga: Cara Mengendalikan Emosi di Tempat Kerja, Selengkapnya

 

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar