- Jadi Seorang Pemimpin Wajib Punya Karakter Ini
- Berikut 5 Tanda Anda Belum Siap Menjadi Pemimpin
- Berikut 5 Tanda Anda Layak Menjadi Seorang Pemimpin
- Bagaimana Agar Bisa Dekat Dengan Atasan?
- Berikut Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik
- Apa Yang Membuat Betah Dengan Profesi Saat Ini?
- Berikut Pentingnya Perencanaan Karir Sejak Dini
- Berikut Ini Profesi Bergaji Tinggi Tahun 2022
- Berikut Profesi Dengan Tingkat Stres Tinggi
- Berikut 5 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Rendah
siker.id – Pada industri media, pastinya tidak asing dengan istilah pemimpin redaksi atau biasa disebut dengan pemred. Dalam Bahasa Inggris, pemimpin redaksi ini sering disebut dengan istilah Editor in Chief.
Pemimpin redaksi ini bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian sehari-hari. Ia harus mengawasi isi seluruh rubrik website yang dipimpinnya. Pemimpin redaksi juga menetapkan kebijakan dan mengawasi seluruh kegiatan redaksional.
Selain itu, pemimpin redaksi juga bertanggung jawab atas penulisan dan isi tajuk rencana (editorial) yang merupakan opini redaksi (desk opinion).
Lantas bagaimana tanggung jawab lain dan skill yang dibutuhkan menjadi seorang pemimpin redaksi ini? Begini jawabannya!
Baca Juga: 4 Tips Menjadi Pemimpin yang Baik!
Tanggung Jawab Utama
Berikut beberapa tanggung jawab seorang pemimpin redaksi antara lain:
• Menciptakan aturan untuk media yang mereka pimpin dan juga untuk konten-konten yang akan dipublikasikan
• Menciptakan perencanaan dan konsep atas konten yang dibuat baik tertulis maupun visual
• Bertanggung jawab untuk memutuskan hubungan kerja dengan pegawai yang under-perform
• Bertanggung jawab atas segala kualitas serta originalitas konten yang dibuat
• Membantu mengontrol budget yang akan dikeluarkan oleh media
• Menghadiri event-event media seperti peluncuran produk sebagai representasi dari media yang mereka pimpin
Tugas Harian
• Membuat susunan keredaksian
• Mengawasi aktivitas dari junior dan juga senior editor
• Memastikan bahwa informasi yang dipublikasi berasal dari sumber yang akurat
• Mengatur tampilan final dengan menyatukan gambar, konten, serta ilustrasi agar semuanya terlihat selaras
• Menyetujui setiap konten final sebelum dipublikasi
• Melakukan review dari konten final yang disetor oleh para editor
• Mengambil keputusan apa saja artikelm kolom bahkan cerita yang akan dipublikasikan selanjutnya
Baca Juga: 3 Manfaat Menjadi Seorang Pemimpin
Skill dan Kualifikasi Pemimpin Redaksi
Berikut keterampilan dan kualifikasi yang dibutuhkan seorang pemimpin redaksi antara lain:
• Skill menulis dan editorial yang sangat kuat
• Memiliki kemampuan komunikasi, interpersonal, dan juga kepemimpinan
• Memiliki keahlian yang sempurna dalam mengelola media sosial serta perangkat komputer
• Dapat mengorganisasi dan mengatur waktu
• Profesional, mandiri, serta result-oriented
• Memiliki kreativitas yang tinggi dan tidak takut untuk think outside the box
• Mampu memberikan contoh yang baik kepada bawahan
Nah, itu tadi artikel mengenai profesi pemimpin redaksi yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: 3 Tipe Pemimpin Rapat di Tempat Kerja
Editor: -
Komentar
- Jadi Seorang Pemimpin Wajib Punya Karakter Ini
- Berikut 5 Tanda Anda Belum Siap Menjadi Pemimpin
- Berikut 5 Tanda Anda Layak Menjadi Seorang Pemimpin
- Bagaimana Agar Bisa Dekat Dengan Atasan?
- Berikut Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik
- Apa Yang Membuat Betah Dengan Profesi Saat Ini?
- Berikut Pentingnya Perencanaan Karir Sejak Dini
- Berikut Ini Profesi Bergaji Tinggi Tahun 2022
- Berikut Profesi Dengan Tingkat Stres Tinggi
- Berikut 5 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Rendah