- Yuk, Simak ! Cara Negosiasi Salary dengan HRD
- Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai
- Pentingnya Attitude dan Tutur Bahasa dalam Dunia Kerja!
- Tips Melamar Pekerjaan Via Email, Langsung Dilirik HRD!
- 4 Tipe Kepribadian DISC, Kamu Termasuk yang Mana?
- Turnover Karyawan Marak Terjadi? Ini Penyebabnya !
- Yuk! Kenali Jenis Pekerjaan Freelance
- Rekomendasi ! Kota Terbaik untuk Pencarian Pekerjaan
- Yuk, Simak!Cara Membatalkan Undangan Wawancara
- Tawaran Gaji Perusahaan Kecil? Pikirkan Ini
siker.id - Punya karyawan yang andal dan gesit dalam bekerja adalah sebuah keuntungan bagi perusahaan atau pemilik bisnis. Karyawan seperti ini akan membantu anda melakukan proses bisnis agar mencapai target-target yang sudah dibuat. Karenanya, penting bagi anda untuk tahu cara membuat karyawan betah bekerja.
Tak sedikit biaya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan saat memutuskan merekrut karyawan baru untuk bekerja di perusahaannya. Mulai dari waktu pelatihan, pesangon, hingga penyesuaian dari karyawan baru yang pasti akan tersita dari perusahaan itu. Hal ini jelas dapat mengganggu proses produksi yang tidak bisa berjalan seperti biasanya. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang enggan melakukan perekrutan karyawan baru dan cenderung memilih untuk tetap mempekerjakan karyawan lama, atau merekrut karyawan baru dengan catatan sudah memiliki pengalaman serupa dan dengan gaji yang lebih rendah. Makanya perusahaan lebih memilih membuat karyawan yang ada saat ini betah untuk tetap bekerja.
Baca juga: Yuk, Simak ! Cara Menghadapi Kritikan dari Atasan
Berikut hal-hal yang harus dilakukan oleh perusahaan agar karyawan betah bekerja.
1. Menjalin Hubungan Profesional yang Terbuka dengan Karyawan
Cara membuat karyawan betah bekerja bisa dimulai dari hubungan personal antara mereka dengan atasan. Kalau anda pemilik bisnis, maka mulailah hubungan yang terbuka dengan karyawan. Dengarkan apa yang mereka mau, pertimbangkan kritik dan saran yang mereka beri, lalu berhenti jadi sosok atasan yang hanya suka memerintah. Buatlah komunikasi di antara karyawan dan atasan menjadi suatu hal yang nyaman untuk dilakukan.
2. Berikan Gaji yang Sesuai
Tak bisa dipungkiri bahwa orang bekerja adalah untuk mendapatkan uang. Sebab, gaji adalah salah satu tolak ukur yang akan membuat karyawan betah atau tidak untuk tetap bekerja di sebuah perusahaan. Oleh karena itu, sangat disarankan jika perusahaan memberikan gaji yang manusiawi sesuai dengan pekerjaan dan jobdesk karyawan. Jangan sampai memberikan gaji yang dibawah standar minimum karena hal itu akan membuat karyawan berpikir untuk mencari perusahaan lain yang lebih loyal. Namun, jangan pula memberikan gaji berlebihan tanpa pekerjaan yang jelas.
3. Bangun Kepercayaan dengan Karyawan
Cara membuat karyawan betah bekerja tentu saja dengan memberinya kepercayaan. Tanpa itu, karyawan akan bekerja dalam bayang-bayang ketakutan bahwa atasannya tidak percaya pada dirinya. Mereka pun beranggapan bahwa tempat ia bekerja merupakan tempat yang sulit untuk mengembangkan diri karena tidak diberikan kepercayaan.
Sebaliknya, jika kantor memberikan kepercayaan penuh pada karyawan, maka mereka akan memanfaatkan hal tersebut untuk menunjukkan kapasitas dirinya dan bekerja maksimal demi mencapai target. Cobalah untuk mempercayai karyawan Anda dengan memberikan sebuah proyek atau tugas dinas yang cukup besar, jika kemampuannya dirasa cukup. Dengan begitu, mereka akan berkembang dan tetap optimis bekerja di kantor.
Baca juga: Simak ! Tujuan Melakukan Assesment Menurut Para Ahli
4. Rutin Mengadakan Diskusi Karyawan dan Atasan
Sebuah perusahaan harus rutin mengadakan diskusi antara karyawan dan atasan. Dalam diskusi ini, perusahaan bisa menanyakan mengenai apa yang dirasakan oleh karyawan dan ada masalah apa yang sedang berkecamuk di tengah karyawan. Karena dengan melakukan ini, perusahaan akan tahu bagaimana keadaan karyawannya, dan apa yang menyebabkan proses produksi mengalami penurunan, kemudian melakukan perbaikan. Namun, jika produksi tidak mengalami penurunan dan justru sedang mengalami peningkatan, tetap lakukan diskusi ini. Selain itu, jangan lupa memberikan penghargaan pada karyawan karena ini akan membuat seluruh karyawan lebih bersemangat dalam bekerja kembali.
5. Kenalilah potensi tiap karyawan Anda dan berdayakan talenta mereka
Karyawan yang betah bekerja di sebuah perusahaan adalah karyawan yang mendapatkan berbagai kesempatan untuk dikembangkan talenta maupun kemampuannya. Ketika perusahaan rajin memberikan pelatihan kepada karyawan, maka kemampuan mereka didalam menjalankan tugaspun akan berkembang.
Itulah pembahasan mengenai artikel Lakukan Cara Ini Agar Karyawan Betah Bekerja Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih
Baca juga: Apa Persamaan dan Perbedaan Supervisor dan Manager?
Komentar
- Yuk, Simak ! Cara Negosiasi Salary dengan HRD
- Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai
- Pentingnya Attitude dan Tutur Bahasa dalam Dunia Kerja!
- Tips Melamar Pekerjaan Via Email, Langsung Dilirik HRD!
- 4 Tipe Kepribadian DISC, Kamu Termasuk yang Mana?
- Turnover Karyawan Marak Terjadi? Ini Penyebabnya !
- Yuk! Kenali Jenis Pekerjaan Freelance
- Rekomendasi ! Kota Terbaik untuk Pencarian Pekerjaan
- Yuk, Simak!Cara Membatalkan Undangan Wawancara
- Tawaran Gaji Perusahaan Kecil? Pikirkan Ini