- Apa Persamaan dan Perbedaan Supervisor dan Manager?
- Berikut Tugas Seorang Manajer dalam Perusahaan
- Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Membuat Iklan Loker
- 4 Tips menjadi Manajer yang Baik
- 4 Cara Membuat Comparative Advertising Terlihat Menarik
- 4 Media yang Digunakan dalam Penerapan IMC
- 4 Zodiak Yang Cocok Jadi Manager
- 4 Unsur yang Terkandung dalam Iklan
- Ingat! Manfaat PPC untuk Bisnismu
- 4 Jenis Native Advertising yang Wajib Kamu Tahu!
siker.id – Dunia periklanan kini telah berkembang pesat. Metode yang digunakan dalam periklanan ini juga sudah berubah dari cara konvensional ke modern.
Hal ini sejalan dengan berkembang pesatnya digitalisasi dari segala hal sehingga mau tak mau orang-orang yang berkecimpung pada bidang ini mengikuti perubahan tersebut.
Salah satu pekerjaan yang berkaitan dengan periklanan ini adalah profesi seorang advertising manager atau manajer periklanan.
Sebenarnya apa itu pekerjaan seorang advertising manager ini?
Diansir dari The Balances Small Business, advertising manager atau manajer periklanan ialah suatu profesi yang memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengatur strategi periklanan dari sebuah perusahaan.
Strategi periklanan ini termasuk untuk bisnis, penjualan, dan perspektif teknikal.
Tujuan utama seorang advertising manager ialah menginisiasi dan mengatur diskusi serta melihat secara menyeluruh terkait prosses penjualan hingga sponsor.
Nah, bila kamu tertarik menjadi seorang manajer periklanan, sebaiknya kamu memahami dulu apa itu tugas dan skill yang dibutuhkan seorang manajer periklanan di bawah ini, sobat siker!
Baca Juga: Begini Pekerjaan Seorang System Manager
Tugas Advertising Manager
Berikut beberapa tugas seorang manajer periklanan antara lain:
• Mempersiapkan anggaran dan menyerahkan perkiraan untuk biaya program sebagai bagian dari pengembangan rencana kampanye
• Merencanakan dan mempersiapkan iklan dan materi promosi untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa, bekerja dengan pelanggan, pejabat perusahaan, departemen penjualan dan biro iklan
• Membantu dengan anggaran pembangunan tahunan
• Mengidentifikasi strategi baru untuk memaksimalkan brand visibility
• Memeriksa dan menyetujui semua karya atau artwork yang digunakan untuk publikasi
• Mengumpulkan dan mengatur informasi untuk merencanakan kampanye iklan
• Membangun hubungan baik dengan penentu kebijakan dari berbagai platform media.
• Meninjau dan menyetujui semua, baik digital maupun print, yang berhubungan dengan media periklanan
• Periksa layout dan naskah iklan dan mengedit script, audio dan video tape, dan materi promosi lainnya untuk kepatuhan terhadap spesifikasi
• Mengkoordinasikan kegiatan departemen, seperti penjualan, seni grafis, media, keuangan, dan penelitian
• Mempersiapkan dan menegosiasikan kontrak iklan dan penjualan
Baca Juga: Mengenal Product Marketing Manager
Skill yang Dibutuhkan Advertising Manager
Dilansir dari Indeed, berikut beberapa keterampilan atau skill yang dibutuhkan seorang advertising manager:
Kemampuan dalam Pengambilan Keputusan
Skill ini penting untuk dikuasai. Advertising manager harus bisa menjadi praktikal dan yakin atas perintahnya karena mereka diharuskan untuk memilih strategi advertising yang efektif untuk kemudian dikomunikasikan ke anggota tim.
Kemampuan Organisasi yang Baik
Memiliki kemampuan organisasi yang baik juga merupakan hal yang positif.
Pasalnya, ini berguna dalam mengatur waktu dan anggaran sekaligus memberi arahan kepada anggota tim serta memastikan efisiensi rencana atau strategi.
Keterampilan Teknis
Tak hanya softskill saja yang diperlukan oleh seorang advertising manager, ia juga perlu memiliki hardskill atau kemampuan teknis.
Ya, mereka harus mampu menggunakan software seperti, desktop publishing, visualisasi data, website development, dan video editing.
Kemampuan Analitik
Seorang manajer periklanan juga perlu memahami bagaimana melakukan riset dan menganalisis tren yang sedang berkembang.
Pasalnya, mereka harus menentukan strategi periklanan yang efektif untuk produk atau pelayanan yang perusahaan punya.
Nah, itu tadi artikel mengenai advertising manager yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: Tertarik Jadi Community Manager? Pahami Ini!
Editor: -
Komentar
- Apa Persamaan dan Perbedaan Supervisor dan Manager?
- Berikut Tugas Seorang Manajer dalam Perusahaan
- Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Membuat Iklan Loker
- 4 Tips menjadi Manajer yang Baik
- 4 Cara Membuat Comparative Advertising Terlihat Menarik
- 4 Media yang Digunakan dalam Penerapan IMC
- 4 Zodiak Yang Cocok Jadi Manager
- 4 Unsur yang Terkandung dalam Iklan
- Ingat! Manfaat PPC untuk Bisnismu
- 4 Jenis Native Advertising yang Wajib Kamu Tahu!