- Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
- Gunakan Bahasa Tubuh Ini saat Interview Kerja dengan HRD
- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Bekerja dengan Gaji Kecil atau Mengganggur? Pilih Mana
- Bagaimana Melakukan Analisa Pekerjaan yang Tepat?
- Langkah-langkah Penting dalam Membuat Job Analysis
- Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?
- Tips Menjadi Sales Sukses, Selengkapnya
- Legal Officer: Definisi dan Tugasnya Dalam Perusahaan
- Apa Tugas dan Fungsi Seorang Programmer?
siker.id – Pekerjaan bidang penjualan atau sales ini pada umumnya menjadi ujung tombak perusahaan bisnis dalam menggaet keuntungan.
Bagaimana tidak? Tanpa adanya sales, perusahaan tidak mungkin mendapat sebuah profit.
Berbicara mengenai profesi sales, terdapat salah satu profesi yang masih berkaitan dengan hal tersebut yakni, pekerjaan sales executive.
Sebenarnya, apa itu sales executive dan bagaimana pekerjaannya?
Dilansir dari laman ekrut, sales executive ialah tim penjualan yang membantu perusahaan atau organisasi dalam menjual produk atau layanan perusahaan kepada calon pelanggan atau target pasar.
Keberadaan mereka menjadi ujung tombak perusahaan karena dapat menghasilkan pemasukan.
Lowongan pekerjaan sales executive ini terbilang banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan.
Pasalnya, hampir semua perusahaan membutuhkannya divisi ini.
Nah, bila kamu tertarik menjadi seorang sales executive ada beberapa hal yang harus pahami di bawah ini, ya, sobat siker!
Baca Juga: Minat Menjadi Sales Associate? Pahami Ini!
Tugas Sales Executive
Kamu mungkin bertanya-tanya, apa sih tugas seorang sales executive itu? Nah, dikutip dari ekrut.com, berikut beberapa tugas lain sales executive selain menjual produk kepada konsumen:
• Meninjau kinerja penjualan
• Melakukan pertemuan tatap muka atau presentasi online untuk proses penjualan
• Menjaga hubungan yang baik dengan klien saat ini dan yang baru
• Mempersiapkan dokumen invoice, kontrak hingga proposal
• Memberi informasi tentang produk dan layanan
• Memenuhi target penjualan bulanan dan tahunan
• Memelihara basis data Consumer Relationship Management (CRM)
• Menghadiri pameran dagang
• Menghasilkan prospek penjualan melalui telepon, email atau bertatap muka langsung
Skill Seorang Sales Executive
Bila kamu memang tertarik menjadi seorang sales executive, berikut beberapa skill yang harus kamu miliki antara lain:
Product Knowledge
Kemampuan pertama ini penting untuk kamu miliki, sobat siker.
Menurut laman Naukri, pengetahuan akan produk yang kamu tawarkan atau product knowledge ini merupakan kemampuan dan kualitas sales executive yang utama.
Tanpa kemampuan ini tentu akan sulit untuk melakukan promosi yang efektif dan mendapatkan customer potensial.
Jadi, kuasailah pengetahuan tentang produk yang akan dijual secara lengkap sehingga kamu akan terbantu ketika menawarkan produk ke calon konsumenmu.
Interpersonal
Salah satu softskill yang juga penting untuk kamu miliki adalah kemampuan interpersonal.
Kemampuan interpersonal ini meliputi kebiasaan, taktik yang kamu gunakan, komunikasi, hingga kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik.
Percaya Diri
Skill ini menjadi kunci seorang sales executive, ya, sobat siker!
Ya, menjadi sales executive berarti kamu mewakili perusahaan atau brand yang kamu bawa, sehingga penting untuk terlihat percaya diri di depan klien dan calon customer.
Komunikasi Bisnis
Skill wajib yang dibutuhkan di pekerjaaan manapun ialah kemampuan dalam komunikasi bisnis.
Dengan kemampuan komunikasi bisnis yang baik, kamu bisa mendapatkan customer potensial melalui percakapan yang kamu bangun.
Sebagai sales executive, kamu harus bisa berkomunikasi secara lisan dan tulisan.
Pasalnya, kamu harus bisa menulis email yang baik, melakukan panggilan, hingga menghadiri meeting.
Nah, itu tadi artikel mengenai pekerjaan seorang sales executive yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: Ini Dia Pekerjaan Seorang Sales Counter!
Editor: -
Komentar
- Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
- Gunakan Bahasa Tubuh Ini saat Interview Kerja dengan HRD
- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Bekerja dengan Gaji Kecil atau Mengganggur? Pilih Mana
- Bagaimana Melakukan Analisa Pekerjaan yang Tepat?
- Langkah-langkah Penting dalam Membuat Job Analysis
- Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?
- Tips Menjadi Sales Sukses, Selengkapnya
- Legal Officer: Definisi dan Tugasnya Dalam Perusahaan
- Apa Tugas dan Fungsi Seorang Programmer?