- Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
- Gunakan Bahasa Tubuh Ini saat Interview Kerja dengan HRD
- Bekerja dengan Gaji Kecil atau Mengganggur? Pilih Mana
- Bagaimana Melakukan Analisa Pekerjaan yang Tepat?
- Langkah-langkah Penting dalam Membuat Job Analysis
- Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?
- Legal Officer: Definisi dan Tugasnya Dalam Perusahaan
- Apa Tugas dan Fungsi Seorang Programmer?
- Apa Itu Reporter dan Perannya Dalam Dunia Media?
- Berikut Ini Manfaat dari Penyusunan Job Description
siker.id – Setiap perusahaan pada dasarnya ingin memiliki brand yang mampu dikenal luas oleh para konsumen dan pelanggan mereka.
Tentu untuk membuat hal tersebut terjadi dibutuhkan pekerjaan dari beberapa pihak.
Salah satu pihak yang berkaitan dengan hal ini adalah brand manager (BM). Siapa itu manajer brand?
Dilansir dari laman socialmediamarketer, seorang brand manager ini bertanggung jawab untuk menjaga citra keseluruhan produk atau perusahaan.
Tugas utama dari pekerjaan ini ialah meneliti pasar untuk menentukan target pasar dan mengembangkan strategi pemasaran.
Nah, lalu apa saja pekerjaan lain seorang brand manager? Begini penjelasannya, sobat siker!
Pekerjaan Seorang Brand Manager
Dilansir dari laman cakeresume, berikut beberapa pekerjaan seorang brand manager antara lain:
1. Melindungi Brand atau Merek
Pekerjaan pertama adalah melindungi brand atau merek.
Seorang manajer merek bertugas menjaga merek serta bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk maupun lini produk, serta layanan yang termasuk dalam merek dagang perusahaan tersebut dapat beresonansi dengan para pelanggan setia maupun calon pelanggan.
2. Fokus pada Konsumen
Pekerjaan lain seorang brand manager ialah fokus pada konsumen.
Brand manager sebaiknya dapat memanfaatkan riset konsumen dan memantau tren pasar.
Untuk itu, memahami target pasar dan juga target pasar potensial adalah kuncinya.
3. Bekerja Sama dengan Berbagai Bidang dalam Perusahaan
Pekerjaan selanjutnya adalah bekerja sama dengan berbagai bidang dalam perusahaan.
Seorang brand manager sebaiknya memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan bekerja dengan berbagai macam departemen, seperti departemen pemasaran untuk memastikan dengan tepat setiap aspek dari strategi merek.
Selain itu, mereka juga perlu menjalin kerja sama dengan departemen lain seperti departemen keuangan, departemen komunikasi pemasaran, departemen penjualan, departemen pengembangan produk.
4. Berkoordinasi dengan Berbagai Biro atau Agensi Pemasaran
Pekerjaan yang tak kalah penting adalah berkoordinasi dengan berbagai biro atau agensi pemasaran.
Ketika berkoordinasi dengan agensi pemasaran (marketing) dan periklanan, brand manager memastikan bahwa agen pemasaran dapat menghormati tujuan dan pedoman merek di setiap komunikasi dalam proses pemasaran.
Nah, itu tadi artikel mengenai pekerjaan seorang brand manager yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: Begini Pekerjaan Seorang Brand Strategist
Editor: -
Komentar
- Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
- Gunakan Bahasa Tubuh Ini saat Interview Kerja dengan HRD
- Bekerja dengan Gaji Kecil atau Mengganggur? Pilih Mana
- Bagaimana Melakukan Analisa Pekerjaan yang Tepat?
- Langkah-langkah Penting dalam Membuat Job Analysis
- Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?
- Legal Officer: Definisi dan Tugasnya Dalam Perusahaan
- Apa Tugas dan Fungsi Seorang Programmer?
- Apa Itu Reporter dan Perannya Dalam Dunia Media?
- Berikut Ini Manfaat dari Penyusunan Job Description