- Berikut 5 Skill yang Diperlukan Dalam Dunia Kerja
- Berikut Tugas Seorang Manajer dalam Perusahaan
- 3 Cara Membantu Karyawan Ke Proses Transformasi Digital
- 3 Tugas Seorang Digital Marketing
- 4 Tips menjadi Manajer yang Baik
- Bisa Kerja Darimana Saja, Ini Dia 3 Tips Jadi Digital Nomad
- 5 Kelebihan Kamu Menggunakan Digital Marketing!
- 5 Tips Sukses Menjadi Seorang Manajer Pemasaran!
- Pahami 4 Tugas Manajer Keuangan Ini!
- 4 Cara Mulus Menjadi Seorang Manajer HRD
siker.id – Era digital menjadi gerbang transformasi yang sedemikian kompleks.
Hal ini memaksa sebagian besar pekerjaan para pekerja untuk berubah mulai dari konvensional kini menjadi semakin modern.
Dengan masuknya digitalisasi, segala metode-metode pekerjaan lama juga mengalami perubahan.
Apalagi terkait dengan pekerjaan seorang manajer suatu perusahaan.
Tantangan-tantangan baru pastinya juga banyak bermunculan entah berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia, transformasi teknologi, hingga isu-isu seputar sistem kerja yang lebih fleksibel dengan adanya metode kerja hybrid.
Untuk itu, sebagai seorang manajer perlu menguasai softskill atau keahlian non-teknis yang dapat menjadi modal dalam melakukan pekerjaan mereka.
Nah, apa saja softskill tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini, ya, sobat siker!
Softskill Manajer yang Perlu Dimiliki di Era Digital
Menurut laman Glints, terdapat beberapa softskill yang perlu dimiliki seorang manajer antara lain:
1. Kemampuan berkolaborasi
Softskill pertama yang perlu dikuasai adalah softskill seorang manajer adalah kemampuan dalam berkolaborasi.
Hal ini merupakan salah satu skill yang dibutuhkan untuk mengembangkan kepemimpinan yang transparan.
Dengan hal ini, tentu akan memastikan setiap anggota tim terlibat membuktikan bahwa kamu memercayai dan menghargai mereka.
Selain itu, dengan keterampilan ini, kamu dapat bekerja sama dengan orang lain dan memperoleh insight baru yang mungkin bisa kamu terapkan untuk pekerjaanmu.
2. Kemampuan berpikir kritis
Softskill selanjutnya adalah kemampuan untuk berpikir kritis.
Berpikir kritis ini merupakan jenis softskill yang menyoroti kemampuan individu untuk meninjau fakta atau bukti dan membuat koneksi penting atau membentuk penilaian berdasarkan analisis mereka.
Kemampuan berpikir kritis dapat menjadi keterampilan yang bermanfaat bagi manajer.
Ini memungkinkan mereka untuk mengevaluasi aplikasi kandidat, mengevaluasi kinerja karyawan, dan mengevaluasi peluang bisnis potensial untuk menentukan tindakan terbaik yang harus diambil.
Baca Juga: Ingin Jadi Full-stack Developer? Pelajari Softskill Ini!
3. Kemampuan problem-solving
Pada era digital ini, permasalahan akan semakin kompleks.
Untuk itu, dengan kemampuan ini akan membuatmu dapat mencari penyebab dari masalah yang terjadi serta mengidentifikasi hal-hal yang bisa ditingkatkan dalam timmu.
Selain itu, kemampuan problem-solving yang baik juga dapat membuat manajer mampu mencari solusi dari suatu permasalahan dengan cepat dan efektif.
Nah, itu tadi artikel mengenai softskill manajer di era digital yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: Begini Softskill dan Hardskill di Bidang Keuangan!
Editor: -
Komentar
- Berikut 5 Skill yang Diperlukan Dalam Dunia Kerja
- Berikut Tugas Seorang Manajer dalam Perusahaan
- 3 Cara Membantu Karyawan Ke Proses Transformasi Digital
- 3 Tugas Seorang Digital Marketing
- 4 Tips menjadi Manajer yang Baik
- Bisa Kerja Darimana Saja, Ini Dia 3 Tips Jadi Digital Nomad
- 5 Kelebihan Kamu Menggunakan Digital Marketing!
- 5 Tips Sukses Menjadi Seorang Manajer Pemasaran!
- Pahami 4 Tugas Manajer Keuangan Ini!
- 4 Cara Mulus Menjadi Seorang Manajer HRD