- Yuk, Simak ! Cara Negosiasi Salary dengan HRD
- Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai
- Pentingnya Attitude dan Tutur Bahasa dalam Dunia Kerja!
- Tips Melamar Pekerjaan Via Email, Langsung Dilirik HRD!
- 4 Tipe Kepribadian DISC, Kamu Termasuk yang Mana?
- Turnover Karyawan Marak Terjadi? Ini Penyebabnya !
- Yuk! Kenali Jenis Pekerjaan Freelance
- Rekomendasi ! Kota Terbaik untuk Pencarian Pekerjaan
- Yuk, Simak!Cara Membatalkan Undangan Wawancara
- Tawaran Gaji Perusahaan Kecil? Pikirkan Ini
siker.id - Salah satu faktor penghambat kemajuan seorang karyawan adalah rendahnya rasa percaya diri. Bentuknya bisa berupa keenganan memimpin rapat, grogi saat presentasi, malu bertemu atasan, atau memilih tugas dan tanggung jawab yang gampang. Apakah Anda termasuk karyawan yang seperti itu? Jika ya, jangan khawatir. Berikut tips yang bisa membantu meningkatkan percaya diri Anda.
Baca juga: Apa Saja Peraturan dan Syarat Menjadi Karyawan Tetap?
1. Memahami Kelebihan Diri Sendiri
Semua orang pastinya memiliki kelebihan unik pada dirinya masing-masing yang menjadi potensi dan keuntungan besar saat karyawan mampu memahami dan mengembangkan kelebihan diri sendiri. Disaat kelebihan yang unik menjadi dominan pada diri karyawan, semua orang disekitarnya akan lebih respect dan percaya kepada karyawan karena kelebihan tersebut.
2. Berdamai dengan Kekurangan
Di samping kelebihan, pasti ada kekurangan yang selalu mengikutinya dalam kepribadian seseorang. Tidak perlu malu dengan kekurangan diri sendiri. Pahamilah terlebih dahulu kekurangan apa yang ada, kemudian terimalah dan berdamai dengan kekurangan tersebut. Berdamai dengan kekurangan bukan berarti membiarkan kekurangan begitu saja tanpa ada usaha.
3. Fokus Pada Pekerjaan
Anda sebaiknya fokus pada diri sendiri dan tugas yang akan Anda lakukan. Selain itu, Anda juga harus menghindari obrolan ringan (gosip) di sekitar kantor, dan jangan terguncang dengan obrolan ringan. Saat Anda bekerja dengan baik, kepercayaan diri Anda pada diri sendiri akan muncul. dan pekerjaan Anda akan selesai dengan baik.
4. Ikuti Aktivitas Perusahaan
Tentunya tindakan konkret harus dilakukan untuk mengatasi rasa kurang percaya diri. Misalnya mengikuti acara yang diselenggarakan oleh perusahaan. Sebagian besar perusahaan biasanya menyelenggarakan acara untuk membantu meningkatkan kohesi antar karyawan. Kegiatannya sendiri akan berbeda, seperti bersepeda, golf, sepak bola atau keluar jalan – jalan. Dalam hal ini, Anda akan bisa bersosialisasi dengan karyawan lain. Jadikan kolega Anda semakin banyak.
5. Ikuti Aturan Perusahaan
Jika rasa percaya diri Anda karena Anda sering melanggar aturan perusaahan, maka cara mudahnya adalah dengan menaati aturan tersebut. Jangan bentengi diri Anda dengan alasan-alasan tertentu karena aturan perusahaan umumnya sudah disepakati antara manajemen perusahaan dengan serikat karyawan.
6. Jalin Networking Dengan Teman di Luar Perusahaan
Menjalin hubungan baik dengan teman seprofesi di luar perusahaan Anda bekerja sekarang (networking) sangat penting bagi Anda. Supaya networking ini efektif, rumus sederhananya adalah memberi sebelum menerima.
7. Kenakan Pakaian yang Menarik dan Nyaman
Ada pepatah yang mengatakan bahwa pakaian mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Meskipun tidak langsung terkait dengan kemampuan, pakaian yang menarik akan mempengaruhi citra diri seseorang di depan publik. Tidak perlu selalu mengenakan pakaian yang mahal dari merk terkenal. Cukup kenakan pakaian menarik yang menurut Anda nyaman dan mencerminkan kepribadian.
8. Berbicara Secara Positif
Untuk berbicara dengan positif, pikirkan tentang bagaimana Anda akan membujuk atau memotivasi orang lain. Bicara positif bukan berarti selalu berbicara dengan mengabaikan kondisi di sekitar. Idealnya, pembicaraan yang positif mengandung sudut pandang yang masuk akal sesuai logika namun dapat membangun di tengah situasi sulit sekali pun.
Sekian artikel tentang cara menjadi karyawan yang percaya diri. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Berikut Alasan Karyawan Lebih Baik Daripada Wiraswasta
Komentar
- Yuk, Simak ! Cara Negosiasi Salary dengan HRD
- Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai
- Pentingnya Attitude dan Tutur Bahasa dalam Dunia Kerja!
- Tips Melamar Pekerjaan Via Email, Langsung Dilirik HRD!
- 4 Tipe Kepribadian DISC, Kamu Termasuk yang Mana?
- Turnover Karyawan Marak Terjadi? Ini Penyebabnya !
- Yuk! Kenali Jenis Pekerjaan Freelance
- Rekomendasi ! Kota Terbaik untuk Pencarian Pekerjaan
- Yuk, Simak!Cara Membatalkan Undangan Wawancara
- Tawaran Gaji Perusahaan Kecil? Pikirkan Ini