- Kebiasaan Malas Bekerja Sering Mengganggu? Atasi dengan ini
- Manfaat Mendengarkan Musik, Ampuh Hilangkan Stres?
- Kamu Lulusan Komunikasi? Berikut Prospek Kerjanya!
- Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Hukum?
- Sebelum Kerja Pahami Makna dan Jenis Pelatihan Kerja
- Ini yang Perlu Anda Ketahui tentang PHK!
- Bekerja Dilarang Menggunakan Gadget? Simak Solusinya
- Anda Lulusan IT? Ini Peluang Kerjanya!
- Apa Saja Peluang Kerja Bagi Lulusan Teknik Industri?
- Tertekan saat Bekerja? Atasi dengan Cara Ini !
siker.id - Rahasia supaya tetap produktif adalah dengan mengoptimalkan waktu kerja Anda. Jika ada pekerjaan yang belum kelar, padahal seharusnya bisa diselesaikan dalam sehari, berarti Anda belum menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Untuk itu, coba selidiki cara Anda dalam bekerja. Bagi Anda yang mengalaminya, berikut tips yang bisa Anda coba untuk mengoptimalkan waktu kerja Anda.
Baca juga: Berikut Ini Tips Menjadi Karyawan Teladan
1. Hadir Lebih Awal
Hadir lebih awal ke kantor mungkin menjadi hal yang sangat sulit bagi sebagian orang namun orang-orang sukses yang produktif tidak menghabiskan waktu bermalas-malasan di rumah dan tiba di kantor jam 8 tepat. Datang lebih awal ke kantor dapat memberikan Anda waktu untuk mempersiapkan segala kebutuhan untuk pekerjaan hari ini, Anda tidak akan sibuk menyiapkan hal-hal yang Anda butuhkan ketika jam bekerja dimulai.
2. Membuat To Do List
Dengan membuat to do list Anda lah yang mengontrol waktu untuk pekerjaan Anda, bukan dikontrol oleh waktu. Dengan to do list juga Anda dapat mengetahui skala prioritas pekerjaan yang Anda harus selesaikan satu per satu. Bagi orang sukses membuat to do list sangat diperlukan karena mereka tidak membuat waktu dan peluang yang ada hanya karena pengontrolan waktu yang buruk.
3. Temukan Manajemen Waktu yang Baik
Tips selanjutnya adalah menemukan sistem yang tepat dalam mengatur waktu. Sistem manajemen waktu dalam kuadran dapat menjadi pilihan paling efektif. Cobalah membagi aktivitas Anda menjadi empat kuadran berdasarkan kepentingannya, seperti:
• Mulai dari hal-hal yang sangat penting, mendesak dan menjadi prioritas;
• Kemudian dilanjutkan dengan hal-hal yang penting namun tidak mendesak;
• Hal-hal yang tidak terlalu penting tapi harus dilakukan; dan
• Terakhir dengan hal-hal yang menjadi keinginan dan tidak penting.
4. Rincikan Waktu Selama Tujuh Hari Ini
Luangkan waktu tujuh hari untuk menilai bagaimana cara Anda menghabiskan waktu yang dimiliki. Apa yang sedang Anda lakukan saat ini dan kemarin? Apakah waktu yang dimiliki telah dihabiskan dengan bijak? Catatlah itu di jurnal kamu. Pada hari terakhir dalam tujuh hari, hitung semuanya, dan lihat dimana Anda menghabiskan sebagian besar waktu yang ada.
Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tips Ini
5. Stop Media Sosial
Zaman teknologi ini adalah zaman yang menjadi penguji apakah pengguna Smartphone itu "Smart". Mengapa? Karena dengan adanya smartphone kini, hadir beberapa media sosial yang menjadi salah satu "kebutuhan" bagi setiap orang. Media sosial adalah media yang bagus karena meningkatkan hubungan sosial Anda, namun bila berlebihan dapat menimbulkan efek yang kurang baik. Di dalam pekerjaaa stop gunakan media sosial dan fokuslah bekerja. Media sosial sangat menyita waktu penggunanya yang "Kecanduan".
6. Break Time
Break time adalah waktu dimana Anda beristirahat saat bekerja, gunakan waktu ini dengan baik, pada saat beristirahat, maka istirahatlah karena tubuh dan pikiran Anda butuh istirahat juga. Menggunakan waktu istirahat dengan baik dapat membantu Anda lebih fokus bekerja setelah Break Time.
7. Pulang Tepat Waktu
Pulang tepat waktu adalah salah satu manajemen waktu paling baik yang dimiliki seseorang. Mengapa? Karena orang sukses yang dapat mengontrol dan memiliki manajemen waktu yang baik, selalu mengatur waktu bekerjanya hanya saat jam bekerja. Selain itu, Anda juga akan memiliki waktu lebih banyak untuk keluarga Anda di rumah, sehingga Anda akan lebih fresh kembali untuk menghadapi tantangan kerja di kemudian hari.
Sekian artikel tentang tips memaksimalkan waktu kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Ingin Sukses Dapat Kerja via Job Fair? Ikuti Tips Ini!
Komentar
- Kebiasaan Malas Bekerja Sering Mengganggu? Atasi dengan ini
- Manfaat Mendengarkan Musik, Ampuh Hilangkan Stres?
- Kamu Lulusan Komunikasi? Berikut Prospek Kerjanya!
- Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Hukum?
- Sebelum Kerja Pahami Makna dan Jenis Pelatihan Kerja
- Ini yang Perlu Anda Ketahui tentang PHK!
- Bekerja Dilarang Menggunakan Gadget? Simak Solusinya
- Anda Lulusan IT? Ini Peluang Kerjanya!
- Apa Saja Peluang Kerja Bagi Lulusan Teknik Industri?
- Tertekan saat Bekerja? Atasi dengan Cara Ini !