- Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai
- Bagi Pencari Kerja, Hindari 5 Kesalahan Ini !
- Punya Atasan yang Otoriter? Hadapi dengan Ini
- Apa Masalah Hukum Yang Dihadapi Karyawan di Tempat Kerja?
- Sebelum Menerima Offering Letter Sebaiknya Baca Ini
- Apa Saja Peraturan dan Syarat Menjadi Karyawan Tetap?
- Apa Yang Dicari Perusahaan Saat Merekrut Karyawan?
- Ikuti 6 Tips Ini Saat Menghadapi Orientasi Karyawan
- Berikut Tips Menabung bagi Karyawan Baru
- Berikut Ini Tips Mempertahankan Karyawan Potensial
siker.id - Hari-hari awal kerja menjadi karyawan baru mungkin memang cukup menegangkan sehingga kadang kesalahan bisa terjadi. Akan tetapi, ada pula karyawan yang tidak gugup tapi tetap melakukan kesalahan. Kadang beberapa orang melakukannya tanpa sadar. Padahal, kesalahan-kesalahan ini bisa fatal meskipun tidak selalu mencerminkan kemampuanmu sebagai karyawan. Berikut ini hal-hal yang perlu dihindari saat bekerja di kantor baru!
Baca juga: Berikut Proses Recruitment Karyawan Baru, Selengkapnya
1. Baru Beberapa Hari Kerja Sudah Sering Terlambat
Terlambat jadi kesalahan pertama yang harus dihindari semua karyawan, baik yang baru maupun lama. Tapi biasanya karyawan baru yang belum terbiasa dengan jadwal kerja lebih sering melakukannya. Jadi, lebih baik bangun lebih awal dan berangkat lebih cepat untuk menghindari terlambat.
2. Tidak Jujur Pada Pekerjaan/Peraturan yang Sebenarnya Belum Dipahami
Wajar memang dengan semangat yang tinggi di kantor baru Anda ingin menunjukkan kalau berkompeten. Tapi, kalau nggak jujur dengan kemampuan yang Anda punya, malah akan berisiko untuk perjalanan karir kedepannya. Nggak usah malu bertanya dan meminta saran dari rekan kerja lain yang sudah lebih senior.
3. Terlalu Sering Bertanya
Emang sih kita harus berani bertanya kalau kita nggak tau supaya benar-benar ngerti. Tapi ada baiknya Anda mencoba mencari tau dulu sendiri. Atasan dan tim juga punya tugas yang harus diselesaikan. Kalau waktu mereka hanya digunakan untuk menjawab semua pertanyaan yang Anda ajukan tentu akan menghambat pekerjaan.
4. Meminta Bantuan Setiap Ada Kesulitan
Hal fatal lainnya yang harus dihindari adalah sedikit-dikit minta bantuan kalau ada kesulitan. Coba dulu kerjakan tugas dan pecahkan sendiri masalah yang Anda hadapi, jika benar-benar buntu dan stuck baru meminta sedikit bantuan dan arahan. Jangan meminta atasan dan tim Anda mengerjakan semuanya, mintalah masukan untuk mencari jalan keluar dari masalah Anda.
Baca juga: Berikut Ini Metode Pengembangan Karyawan Yang Sering Dipakai
5. Menutup Diri Untuk Berinteraksi
Bagaimanapun juga Anda kerja tidak sendirian, setiap karyawan saling membutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Jangan malu memulai percakapan untuk membangun keakraban dengan karyawan lain. Hal ini juga akan memudahkan Anda kalau seketika butuh bantuan.
6. Membandingkan Kantor Lama dan Baru
Kesalahan karyawan baru ini terjadi ketika seseorang berpindah tempat kerja. Setiap perusahaan memiliki budaya dan metode yang berbeda-beda. Sebagai karyawan baru, Anda harus mengikuti dan beradaptasi dengan kantor tempat kerja saat ini. Pasalnya, membandingkan perbedaan hanya akan membuang waktu. Tak hanya itu, rekan kerja dan manajermu pun mungkin akan kurang senang mendengarnya.
7. Berusaha Mengerjakan Terlalu Banyak
Sebagai karyawan baru, tidak heran kalau Anda ingin membuat kesan yang positif dengan menyelesaikan pekerjaan sebanyak-banyaknya. Meskipun terdengar baik, hal ini bisa berakibat buruk. Pasalnya, berusaha mengambil terlalu banyak tanggung jawab bisa membuat Anda kewalahan. Pada akhirnya, mungkin tidak ada pekerjaan yang selesai secara optimal.
8. Kurang Inisiatif
Kesalahan yang mungkin seorang karyawan baru lakukan ini merupakan kebalikan dari poin sebelumnya. Mengerjakan terlalu banyak tidak baik, begitu juga sebaliknya. Sebagai karyawan baru, bagus untuk bertanya apa saja yang bisa dikerjakan secukupnya. Jangan sampai diam saja dan menunggu diberi perintah, hal ini membuat kesan negatif.
Sekian artikel tentang kesalahan yang sering dilakukan karyawan baru. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Selain Pelatihan Berikut Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan
Komentar
- Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai
- Bagi Pencari Kerja, Hindari 5 Kesalahan Ini !
- Punya Atasan yang Otoriter? Hadapi dengan Ini
- Apa Masalah Hukum Yang Dihadapi Karyawan di Tempat Kerja?
- Sebelum Menerima Offering Letter Sebaiknya Baca Ini
- Apa Saja Peraturan dan Syarat Menjadi Karyawan Tetap?
- Apa Yang Dicari Perusahaan Saat Merekrut Karyawan?
- Ikuti 6 Tips Ini Saat Menghadapi Orientasi Karyawan
- Berikut Tips Menabung bagi Karyawan Baru
- Berikut Ini Tips Mempertahankan Karyawan Potensial