- Bagaimana Memilih Perusahaan Untuk Karir Jangka Panjang?
- Apa Pengaruh Sosial Media Dalam Peningkatan Karir?
- Apa Perbedaan Antara Karir dan Pekerjaan?
- Apa Penyebab Karir Anda Tidak Berkembang?
- Berikut Ini Keuntungan Berlibur Buat Perkembangan Karir
- Berikut Tips Menyeimbangkan Karir dan Keluarga
- Berikut Tips Menjadi Wanita Karir Yang Sukses
- Berikut 5 Cara Menentukan Jenjang Karir Yang Tepat
- Berikut Ini 5 Kunci Sukses Dalam Karir
- Berikut Keuntungan Jalan Karir Generalist
siker.id - Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu dalam perencanaan karir yaitu menggunakan metode SMART Goal. SMART merupakan singkatan dari specific, measurable, achievable, relevant, dan time bound. Metode ini biasa digunakan untuk menetapkan rencana karier ataupun bisnis agar berhasil mencapai targetnya. Metode SMART Goal pertama kali muncul pada 1918 oleh George T Doran dan sudah diterapkan oleh banyak orang untuk membantu merealisasikan tujuan mereka.
Baca juga: Sering Pindah Kerja? Bisa Jadi Kamu Seorang Job Hopper
Prinsip SMART yaitu membuat perencanaan tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki tenggat waktu. Metode SMART goal dapat memberikan petunjuk bagi seseorang untuk tetap berada di jalur dan fokus pada tujuan agar memberikan hasil yang diinginkan. Dengan metode ini, tujuan jadi lebih jelas, dapat diukur, dan dapat memaksimalkan waktu serta sumber daya untuk merealisasikan target. Tujuan yang jelas akan dapat memotivasi untuk bekerja lebih giat dalam mencapai tujuan tepat waktu. Berikut cara menerapkan metode SMART:
1. Spesific (Spesifik)
Tetapkan dan rencanakan yang bisa membuat tujuan atau target spesifik, detail dan jelas. Dalam menentukan tujuan spesifik ini bisa dimulai dengan pertanyaan seperti apa yang ingin dicapai, siapa yang akan terlibat, kapan harus dicapai, atau mengapa hal tersebut harus dicapai.
2. Measureable (dapat diukur)
Memiliki tujuan yang terukur akan membantu untuk tetap pada rencana dan mengetahui sejauh mana progressnya. Dalam hal ini, buatlah tolak ukur atau tentukan indikator yang dapat menjadi penentu keberhasilan atau gagal.
Baca juga: 4 Pentingnya Kemampuan Inovasi dan Cara Memilikinya
3. Achieveable (dapat dicapai)
Tujuan yang dibuat harus realistis dan memiliki kemungkinan untuk dicapai, sehingga tujuan tersebut bisa diwujudkan. Pastikan juga sesuai dengan kemampuan.
4. Relevant (relevan)
Tujuan atau target yang ditetapkan harus sesuai dan relevan dengan kebutuhan masa depan dan kemampuan saat ini. Jangan sampai tujuan/target yang ingin dicapai malah menyusahkan diri sendiri.
5. Time bound (batas waktu)
Buatlah tenggat waktu dalam setiap tujuan/target yang ingin dicapai. Dengan adanya tenggat waktu, akan lebih memaksimalkan dan memotivasi dalam mencapai tujuan.
Itu dia metode SMART Goal yang bisa diterapkan untuk memudahkan mencapai suatu tujuan atau target. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!
Baca juga: Tidak Selalu Negatif, Ini Manfaat Jika Kamu Ambisius!
Komentar
- Bagaimana Memilih Perusahaan Untuk Karir Jangka Panjang?
- Apa Pengaruh Sosial Media Dalam Peningkatan Karir?
- Apa Perbedaan Antara Karir dan Pekerjaan?
- Apa Penyebab Karir Anda Tidak Berkembang?
- Berikut Ini Keuntungan Berlibur Buat Perkembangan Karir
- Berikut Tips Menyeimbangkan Karir dan Keluarga
- Berikut Tips Menjadi Wanita Karir Yang Sukses
- Berikut 5 Cara Menentukan Jenjang Karir Yang Tepat
- Berikut Ini 5 Kunci Sukses Dalam Karir
- Berikut Keuntungan Jalan Karir Generalist