Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini cara produktif di kantor saat puasa!
Siker.id | 10 Apr 2023 15:15


Bagikan ke
ilustrasi produktif dibulan puasa (siker / doc.freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana umat muslim memiliki kewajiban menjalankan puasa selama 1 bulan penuh. Banyak budaya yang kental di Indonesia saat bulan puasa, seperti budaya beli takjil sore hari, buka puasa bersama, jam operasional kantor yang lebih singkat.

Dibalik budaya tersebut, bulan Ramadhan juga memberikan dampak pada semangat kerja yang menurun. Banyak karyawan tidak focus saat bekerja dengan alasan sedang puasa sehingga konsentrasi menurun.

Baca juga: 7 Tips Menjaga Produktifitas Kerja Ketika Puasa

Nah, untuk menyiasati hal tersebut. Berikut cara agar tetap produktif di kantor saat bulan puasa:

1. Niat kerja
Salah satu hal penting yang membuatmu tetap produktif saat bulan puasa adalah niat. Jangan jadikan bulan puasa sebagai penghambat, karena sebenarnya bukan bulan puasa yang buat kamu tidak produktif tapi karena rasa malas sehongga sulit untuk produktif. Salah satu hal yang dapat memacu semangat dan niat dalam bekerja adalah niat bekerja sebagai bentuk ibadah.

2. Asupan gizi dan porsi makan
Asupan gizi dan psorsi makan saat puasa perlu kamu perhatikan kaewna tubuh kamu tentu butuh penyesuaian agar tidak menyusahkan dirimu seperti merasa dehidrasi atau tiba-tiba pingsan

3. Kurangi konsumsi kafein
Mengkonsumsi kafein saat puasa akan mebuat tubuh dehidrasi karena kafein memiliki sifat diuretic. Biasanya setelah minum kopi, orang akan lebih sering buang ari kecil. Nah bayangkan jika sata puasa kamu terlalu sering buang air kecil, tentu cairan tubuh terus berkurang.

Baca juga: Tips Agar Puasa Tetap Lancar Saat Bekerja

4. Istirahat cukup
Sarapan yang diganti sahur membuat kamu harus terbangun lebih pagi dan jika Kembali tidur setelahnya akan menjadi sulit karena selang 1-2 jam kemudian sudah harus siap bekerja. Akhirnya kamu akan mengantuk di kantor dan tidak bersemangat saat bekerja. Jika demikian sudah begini jelas prodiktifitas akan menurun.

5. Olahraga
Supaya tetap produtif, kamu perlu tetap berolahraga meskipun rutinitas ini membuat tenaga berkurang dan menjadikan haus kamu dapat melakukannya di sore hari menjelang berbuka.

Baca juga: 5 Tips Memilih Jenis Makanan yang Sehat Saat Puasa

Tidak ada alasan bagi kalian untuk menjadikan bulan puasa sebagai penghalang untuk tetap produktif. Justru seharusnya kamu dapat lebih fokus kerja karena kamu tidak perlu memikirkan nanti siang makan apa dan beli kopi dimana.

Sekian informasi yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian