- Berikut Ini Tips Menjadi Atasan Yang Baik
- Begini Etika Dalam Penggunaan Fasilitas Kantor
- Berikut Tips Menata Ulang Tempat Kerja Agar Produktif
- 5 Sifat yang Dimiliki Orang Sukses
- Tanda Anda Terlalu Baik Sebagai Rekan Kerja
- 3 Hal yang Membuat Kita Mudah Menyerah
- Tips Mengatasi Karyawan Yang Sering Izin
- 3 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Public Speaking
- 5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Pekerja
- Fresh Graduate? Ini Tips Untuk Memulai Karir
siker.id Banyak orang merasa perlu untuk menyenangkan orang lain, namun terlalu banyak mengutamakan kepuasan orang lain dan mengabaikan kebutuhan dan keinginan mereka sendiri dapat menjadi tanda dari kecenderungan menjadi people pleaser.
People pleaser adalah seseorang yang berusaha keras untuk menyenangkan orang lain, bahkan ketika itu berarti mengabaikan kebutuhan mereka sendiri. Sering kali, kecenderungan ini dapat mengarah pada perasaan tidak bahagia, kelelahan, dan kecemasan.
Baca juga: 7 Tips Jitu Untuk Membangun Koneksi
Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari menjadi people pleaser:
1. Sadari diri sendiri
Langkah pertama untuk tidak menjadi people pleaser adalah dengan menyadari kecenderungan tersebut. Amati perilaku kamu dan pertimbangkan apakah kamu merasa terlalu memprioritaskan keinginan orang lain atau tidak. Mengetahui kecenderungan yang sedang mempengaruhi keputusan kamu adalah langkah penting untuk mengatasi hal tersebut.
2. Kenali batasan
Setelah menyadari kecenderungan dirimu, penting untuk menentukan batasanmu. Menetapkan batasan pada waktu, energi, dan sumber daya adalah kunci untuk menghindari menjadi people pleaser. kamu harus memahami bahwa kamu tidak dapat memenuhi semua permintaan dan kebutuhan orang lain, dan kadang-kadang, kamu harus mengatakan tidak.
3. Fokus pada diri sendiri
Fokuslah pada kebutuhan dan keinginan kamu sendiri. Ini tidak berarti kamu harus egois, tetapi jangan mengabaikan kebutuhanmu sendiri demi menyenangkan orang lain. Ingatlah bahwa kamu adalah orang yang penting juga, dan kamu berhak untuk merawat diri sendiri dan memprioritaskan kebutuhanmu sendiri.
Baca juga: Berikut ini 7 Tips Menyikapi Perasaan Malu
4. Belajar untuk mengatakan tidak
Salah satu keterampilan yang penting untuk menghindari menjadi people pleaser adalah belajar mengatakan tidak. Ini mungkin sulit pada awalnya, tetapi mengatakan tidak dengan tegas pada permintaan orang lain yang tidak masuk akal atau melebihi kemampuan kamu dapat membantu kamu untuk memprioritaskan waktu dan sumber daya yang kamu miliki.
5. Pelajari untuk menerima kritik
Kecenderungan menjadi people pleaser seringkali disebabkan oleh keinginan untuk menyenangkan orang lain dan takut kehilangan persetujuan mereka. Oleh karena itu, belajar menerima kritik dapat membantu kamu untuk tidak menjadi terlalu terpengaruh oleh keinginan untuk menyenangkan orang lain.
6. Fokus pada hasil
Jangan mencoba untuk menyenangkan semua orang, tapi fokuslah pada hasil yang ingin kamu capai. Ingatlah bahwa kamu tidak dapat memenuhi semua permintaan atau kebutuhan orang lain, dan kadang-kadang harus mengejar tujuanmu sendiri.
Baca juga: 6 Keuntungan Menjadi Seorang yang Mandiri Secara Finansial
Menjadi people pleaser dapat mengakibatkan kamu merasa tidak bahagia dan kelelahan. Oleh karena itu, penting untuk menyadari kecenderungan ini, menetapkan batasan, fokus pada diri sendiri, belajar mengatakan tidak, menerima kritik, dan fokus pada hasil.
Dengan memperhatikan tips ini, kamu dapat memprioritaskan kebutuhan dan keinginan kamu sendiri, sambil tetap mempertimbangkan kebutuhan orang lain.
Komentar
- Berikut Ini Tips Menjadi Atasan Yang Baik
- Begini Etika Dalam Penggunaan Fasilitas Kantor
- Berikut Tips Menata Ulang Tempat Kerja Agar Produktif
- 5 Sifat yang Dimiliki Orang Sukses
- Tanda Anda Terlalu Baik Sebagai Rekan Kerja
- 3 Hal yang Membuat Kita Mudah Menyerah
- Tips Mengatasi Karyawan Yang Sering Izin
- 3 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Public Speaking
- 5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Pekerja
- Fresh Graduate? Ini Tips Untuk Memulai Karir