- 5 Keuntungan Menggunakan Influencer Untuk Bisnis Anda
- 4 Jenis Influencer Marketing
- Ini Dia 5 Tips Menggunakan Influencer Marketing
- 4 Jurus Manjur Menjadi Seorang Influencer!
- Minat Jadi Seorang Brand Ambassador? Pahami Ini!
- Tertarik Jadi Influencer? 3 Skill Ini Wajib Kamu Kuasai!
- Ini Dia 3 Alasan Influencer Marketing Begitu Penting!
- Ini Dia 4 Jenis Influencer Berdasarkan Platform Media Sosial
- Ingin jadi Influencer? Wajib Miliki 7 Keterampilan ini!
- Pahami Mengapa Endorsement Influencer itu Penting. Yuk Simak
siker.id - Influencer dan brand ambassador adalah dua peran yang sering dimanfaatkan perusahaan untuk memasarkan produk, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.
Berikut adalah perbedaan antara influencer dan brand ambassador:
Pengertian Influencer
Influencer adalah mereka yang memiliki pengaruh pada niche yang melekat dalam self-branding mereka. Tak melulu merupakan public figure terkenal tapi bisa juga mereka yang memiliki pengaruh dalam lingkup kecil, misalnya saja selebgram di bidang kecantikan. Kerja sama dengan influencer umumnya lebih terjangkau harganya dibandingkan jika Anda harus menunjuk brand ambassador resmi. Tugas utama influencer adalah mempromosikan produk atau jasa ke audiens yang lebih luas
Pengertian Brand Ambassador
Brand ambassador adalah duta merek yang dipekerjakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Bertanggung jawab dalam meningkatkan brand awareness dan penjualan. Tugas brand ambassador bisa dibilang lebih besar daripada influencer karena mereka wajib mencerminkan citra baik sebuah bisnis. Umumnya, brand ambassador bekerja dalam jangka waktu yang panjang. Lebih seperti perwakilan bisnis dan perusahaan yang memiliki ambisi lebih besar, dan mengkoordinasikan bagaimana brand mereka disajikan dan diwakili
Perbedaan Influencer dan Brand Ambassador
Berikut adalah perbedaan antara influencer dan brand ambassador:
1. Tanggung Jawab
Sesuai namanya, seorang influencer bertanggung jawab untuk memengaruhi pikiran pengikutnya. Mereka bisa menulis review, membuat vlog, atau membuat berbagai macam konten tentang suatu brand
Harapannya, ulasan tersebut mendorong keinginan followers untuk membeli produk atau jasa tersebut. Sedangkan brand ambassador bertanggung jawab dalam meningkatkan brand awareness dan penjualan. Tugas brand ambassador bisa dibilang lebih besar daripada influencer karena mereka wajib mencerminkan citra baik sebuah bisnis
2. Durasi Kerja Sama
Influencer dan brand ambassador juga memiliki perbedaan dari segi durasi kerja sama. Umumnya, influencer hanya bekerja dalam jangka waktu yang singkat, sedangkan brand ambassador bekerja dalam jangka waktu yang panjang
3. Hubungan
Influencer dan brand ambassador juga memiliki perbedaan dari segi hubungan. Influencer lebih terlibat dalam promosi langsung, sementara brand ambassador membangun hubungan yang lebih erat dengan merek yang mereka wakili
4. Cara Promosi
Influencer dan brand ambassador juga memiliki perbedaan dari segi cara promosi. Influencer lebih fokus pada konten yang menarik dan kreatif, sedangkan brand ambassador lebih fokus pada membangun hubungan dengan pelanggan dan memperkenalkan merek secara langsung
Baik brand advocate, brand ambassador, dan juga influencer dapat membantu mengembangkan bisnis dengan cara yang berbeda
Menggabungkan ketiganya bisa menjadi pilihan jika Anda ingin memaksimalkan promosi produk atau jasa Anda
Demikian informasi yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda
Editor: -
Komentar
- 5 Keuntungan Menggunakan Influencer Untuk Bisnis Anda
- 4 Jenis Influencer Marketing
- Ini Dia 5 Tips Menggunakan Influencer Marketing
- 4 Jurus Manjur Menjadi Seorang Influencer!
- Minat Jadi Seorang Brand Ambassador? Pahami Ini!
- Tertarik Jadi Influencer? 3 Skill Ini Wajib Kamu Kuasai!
- Ini Dia 3 Alasan Influencer Marketing Begitu Penting!
- Ini Dia 4 Jenis Influencer Berdasarkan Platform Media Sosial
- Ingin jadi Influencer? Wajib Miliki 7 Keterampilan ini!
- Pahami Mengapa Endorsement Influencer itu Penting. Yuk Simak