Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
8 Tips yang Membantu Multitasking Tetap Efektif
Siker.id | 15 Aug 2023 10:30


Bagikan ke
Ilustrasi multitasking (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Multitasking atau melakukan beberapa tugas sekaligus, merupakan keterampilan yang sering diperlukan dalam dunia pekerjaan yang serba sibuk dan cepat. Meskipun memiliki potensi untuk mengurangi produktivitas dan kualitas pekerjaan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan multitasking dengan efektif. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu melakukan multitasking dengan efektif:

Baca juga: 6 Manfaat Memiliki Etika Kerja yang Baik dan Professional

1. Tetapkan Prioritas

Sebelum kamu mulai melakukan multitasking, tentukan prioritas tugas. Identifikasi tugas-tugas yang paling penting dan harus diselesaikan terlebih dahulu. Hal ini membantu kamu fokus pada apa yang benar-benar penting.

2. Bagi Waktu untuk Setiap Tugas

Bagi waktu untuk setiap tugas yang akan kamu kerjakan. Misalnya, alokasikan waktu tertentu untuk menangani email, kemudian waktu lain untuk menyelesaikan tugas proyek besar. Hal ini akan membantu kamu menghindari pindah-pindah terlalu sering di antara tugas.

3. Gunakan Bantuan

Manfaatkan alat-alat bantu seperti kalender digital, aplikasi manajemen tugas, atau reminder untuk membantu kamu mengingat jadwal dan tugas-tugas yang harus diselesaikan.

4. Kombinasikan Tugas yang Sesuai

Cobalah untuk menggabungkan tugas yang kompatibel atau memiliki persamaan. Menggabungkan tugas atau pekerjaan yang memiliki persamaan akan membantu kamu melakukan multitasking dengan lebih efektif.

Baca juga: Suka Kerja Multitasking? Waspadai 7 Risiko ini!

5. Istirahat Singkat

Lakukan istirahat singkat di antara tugas yang kamu kerjakan agar dapat membantu merefresh pikiran dan membantu kamu beralih fokus dengan lebih efektif.

6. Fokus pada Hasil, Bukan Aktivitas

Alih-alih hanya mencoba menyelesaikan sebanyak mungkin tugas, fokuslah pada hasil yang diinginkan dari masing-masing tugas. Hal ini membantu kamu tetap terarah pada tujuan akhir.

7. Menetapkan Ekspektasi yang Realistis

Tetap realistis tentang seberapa banyak tugas yang dapat kamu selesaikan dalam satu waktu. Terlalu banyak tugas dapat menyebabkan kelelahan dan menurunkan kualitas pekerjaan. Kamu juga harus menetapkan ekspektasi yang realistis agar kamu tidak merasa kecewa.

8. Evaluasi Hasil

Setelah melakukan multitasking, evaluasi hasilnya. Apakah kamu telah mencapai hasil yang diinginkan? Apakah kualitas pekerjaan tetap terjaga? Melakukan evaluasi akan membantu kamu melihat apa yang sudah cukup atau hal yang perlu dilakukan peningkatan.

Melakukan multitasking yang efektif saat bekerja memerlukan perencanaan, pengelolaan waktu yang baik, dan fleksibilitas. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat mengoptimalkan produktivitas dan menyelesaikan tugas-tugas dengan cara yang lebih baik. Ingatlah bahwa tujuan utama adalah menghasilkan hasil yang baik, bukan hanya menyelesaikan tugas sebanyak mungkin. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 7 Manfaat Personal Branding yang Harus Diketahui


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar