- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Cara Mengendalikan Emosi di Tempat Kerja, Selengkapnya
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Stres di Tempat Kerja?
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Anda Ingin Merantau Kerja? Ikuti Tips Berikut!
siker.id - Agar dapat produktif dalam bekerja, sebaiknya Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi overthinking dengan baik. Tak bisa dimungkiri, overthinking bisa menjadi salah satu penghambat untuk tetap produktif dalam bekerja. Beban pikiran yang berlebihan membuatmu tidak akan fokus ketika di kantor. Alhasil, Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaanmu dan berpotensi kena teguran dari atasan. Lalu bagaimana sih cara mengatasi overthinking? Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi munculnya overthinking!
Baca juga: Berikut Ini Manfaat Sertifikasi Profesi Dalam Dunia Kerja
1. Cari Tahu Pemicu
Overthinking dipicu karena sedang mengalami suatu masalah, sehingga merambat hal yang tidak perlu dipikirkan. Untuk itu, sebaiknya Anda menguraikan dan mencari sebenarnya apa penyebab awal pemicunya. Hal ini berguna untuk meningkatkan kesadaran diri akan rawannya diri Anda jika memiliki permasalahan.
2. Melakukan Hal yang Disukai
Cara terbaik agar tidak overthinking adalah dengan menyibukkan diri dengan hal disukai agar tidak menambah beban lagi. Hal ini melatih fokus serta membuat rasa lupa akan kekhawatiran yang berlebih. Anda dapat menulis hal yang terlintas di pikiran, olahraga, memasak, melukis, ataupun meditasi.
3. Memberi Jeda Agar Mental Tetap Stabil
Waktu istirahat mungkin susah untuk dicari. Tapi, penting untuk melakukannya dan menjaga kewarasan. Seringkali, ketika tidak memberi waktu jeda saat pikiran sedang menumpuk, benang-benang di dalam otak terasa penuh dan Anda menjadi susah untuk melihat solusi. Anda perlu untuk melatih diri agar melihat sesuatu secara berbeda. Saat Anda terlalu banyak berpikir, Anda mengerahkan tenaga untuk memikirkan sesuatu yang mungkin saja tidak terjadi. Untuk melanjutkan pekerjaan, cobalah untuk mengulur waktu melakukan hal yang berbeda.
Baca juga: Berikut Ini Tips Pindah Kerja Masa Pandemi
4. Melakukan Hal Lain di Luar Pekerjaan
Metode praktis lain untuk menghentikan pikiran Anda dari overthinking adalah dengan mengubah lingkungan. Daripada hanya mengatakan, “Berhenti berpikir,” Anda dapat menghindari lingkaran tak berujung di kepala dengan menempatkan sesuatu di depannya untuk mengalihkan perhatian. Lakukan apa pun yang Anda bisa yang tidak terkait dengan masalah yang membuat Anda overthinking. Melepaskan diri dari subjek yang membuat pikiran Anda kacau akan memberi Anda waktu untuk menenangkan diri dan kembali ke masalah dengan pikiran yang segar.
5. Berhenti Jadi Perfeksionis
Kebanyakan orang overthinking karena merasa dirinya kurang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Kurang cerdas, kurang rapi, kurang bagus, dan kurang-kurang lainnya. Oleh karena itu, cara yang tepat untuk mengatasi overthinking adalah dengan berhenti jadi perfeksionis. Terkadang, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu lebih baik daripada membuat pekerjaan sesempurna mungkin.
6. Awali Hari Dengan Baik
Salah satu cara mengatasi overthinking adalah memulai hari dengan kebahagiaan. Misalnya, bangun pagi, lalu menyiram tanaman ataupun langsung sarapan. Jika ada waktu, mungkin kamu bisa olahraga sejenak sebelum sarapan dan mandi, lalu kemudian berangkat kerja. Cara ini cukup ampuh untuk membuat pikiran-pikiran negatif yang mungkin menempel di malam hari hilang dari kepalamu.
Sekian artikel tentang tips mengatasi overthinking di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Berikut Ini Manfaat Sertifikasi Profesi Dalam Dunia Kerja
Komentar
- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Cara Mengendalikan Emosi di Tempat Kerja, Selengkapnya
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Stres di Tempat Kerja?
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Anda Ingin Merantau Kerja? Ikuti Tips Berikut!