- Kebiasaan Malas Bekerja Sering Mengganggu? Atasi dengan ini
- Manfaat Mendengarkan Musik, Ampuh Hilangkan Stres?
- Kamu Lulusan Komunikasi? Berikut Prospek Kerjanya!
- Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Hukum?
- Sebelum Kerja Pahami Makna dan Jenis Pelatihan Kerja
- Ini yang Perlu Anda Ketahui tentang PHK!
- Bekerja Dilarang Menggunakan Gadget? Simak Solusinya
- Anda Lulusan IT? Ini Peluang Kerjanya!
- Apa Saja Peluang Kerja Bagi Lulusan Teknik Industri?
- Tertekan saat Bekerja? Atasi dengan Cara Ini !
siker.id - Keamanan dan keselamatan kerja bukanlah hal yang dapat dianggap enteng oleh siapapun. Baik bagi perusahaan yang memiliki lebih dari 1.000 karyawan ataupun 10 karyawan, dalam industri pihak pemberi kerja serta karyawan harus memperhitungkan peraturan keselamatan, disiplin dalam tindakan, serta pemberian pelatihan yang mencakup keselamatan kerja. Tindakan pencegahan terhadap kecelakaan kerja adalah kunci untuk memelihara lingkungan kerja yang sehat, aman, dan produktif. Berikut ini tips pentingnya keselamatan kerja!
Baca juga: Bagaimana Mengatasi FOMO Agar Lebih Produktif Kerja?
1. Menekan Sick Leave
Sick leave atau izin sakit biasanya memang diberikan pada karyawan yang memang butuh beristirahat karena sakit. Ada perusahaan yang memperbolehkan karyawan untuk beristirahat di rumah tapi kalau lebih dari 2 hari diwajibkan untuk menyerahkan surat izin dokter. Ada pula perusahaan yang mewajibkan sudah ada surat izin dokter meski karyawan hanya tidak masuk kerja satu hari saja. Ini pastinya kembali ke kebijakan perusahaan masing-masing. Meski memang memberi izin, tetapi jika sampai izin sakitnya terlalu banyak dalam satu tahun, tentunya hal ini akan mengganggu kinerja tim secara keseluruhan.
2. Karyawan Lebih Bahagia
Dengan lingkungan kerja yang sehat, pastinya karyawan akan lebih enjoy dalam bekerja. Kebahagiaan mereka dalam bekerja ini sangat penting lo, karena dengan demikian mereka akan berusaha untuk memberikan yang terbaik dari diri mereka bagi tujuan bersama. Karyawan yang bebas stres akan menunjukkan kinerja yang baik dan akan bisa mencari solusi yang paling jitu untuk memecahkan masalah yang terjadi seputar pekerjaan mereka.
3. Lakukan Diskusi Secara Terbuka
Menyisihkan waktu di penghujung hari sebulan sekali untuk membahas aturan keselamatan pada lingkungan kerja secara umum merupakan langkah strategis bagi manajer ataupun supervisor untuk menilai efektivitas kebijakan serta metode keselamatan yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan feedback dari karyawan terkait potensi bahaya yang tidak diketahui sebelumnya, potensi bahaya yang belum teratasi, seberapa baik kinerja keselamatan di area tertentu, hingga pembaruan kebijakan untuk menjamin keamanan dan keselamatan karyawan.
Baca juga: Berikut Ini Tips Mengelola Kerja Shift Malam
4. Penerapan Kode Kesehatan dan Keselamatan
Kode kesehatan dan keselamatan berperan sebagai penanda maupun pengingat bagi pekerja pada area tertentu untuk melakukan tindakan tertentu dan menggunakan perlengkapan safety terkait. Sebagai contoh di fasilitas industri kimia, terdapat penanda untuk mengenakan alas kaki plastik misalnya, ataupun tanda instruksi cuci tangan dan memakai masker sebelum masuk ruangan laboratorium. Dengan memiliki penanda maupun instruksi keselamatan pada titik strategis, maka perusahaan dapat membantu meminimalisir resiko human error yang dapat terjadi.
5. Meningkatkan Produktivitas
Karena karyawan enjoy bekerja, bebas stres–terutama karena tempat kerjanya begitu nyaman–pastilah produktivitas kerja mereka juga meningkat. Hal ini memang akhirnya menjadi efek domino sih. Lingkungan kerja yang sehat, karyawan enjoy kerja, mereka juga nggak mempunyai masalah terlalu berat dalam hidup (bebas utang, misalnya), akhirnya produktivitas pun meningkat juga.
Sekian artikel tentang tips pentingnya menjaga keselamatan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Berikut 6 Cara Meningkatkan Etos Kerja
Komentar
- Kebiasaan Malas Bekerja Sering Mengganggu? Atasi dengan ini
- Manfaat Mendengarkan Musik, Ampuh Hilangkan Stres?
- Kamu Lulusan Komunikasi? Berikut Prospek Kerjanya!
- Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Hukum?
- Sebelum Kerja Pahami Makna dan Jenis Pelatihan Kerja
- Ini yang Perlu Anda Ketahui tentang PHK!
- Bekerja Dilarang Menggunakan Gadget? Simak Solusinya
- Anda Lulusan IT? Ini Peluang Kerjanya!
- Apa Saja Peluang Kerja Bagi Lulusan Teknik Industri?
- Tertekan saat Bekerja? Atasi dengan Cara Ini !