- Berikut tips Membangun Komunikasi Dengan Rekan Kerja
- Bagaimana Cara Membangun Komunikasi Efektif Dengan Atasan?
- Berikut 5 Etika Berbicara Dengan Atasan
- Bagaimana Cara Bersosialisasi yang Baik dan Sopan?
- Berikut Ini 6 Keuntungan Memilih Jurusan Komunikasi
- Beberapa Keterampilan Komunikasi agar Berpengaruh di Kantor
- 3 Cara Komunikasi yang Baik dengan Rekan Kerja
- 3 Keterampilan Komunikasi yang Tepat untuk Pemimpin
- 3 Pantangan Berkomunikasi dengan Senior Rekan Kerja
- 3 Cara Mengakhiri Percakapan di Tempat Kerja
siKer.id- Proses saling berbagi informasi, ide, dan perasaan antar individu yang melibatkan penggunaan bahasa verbal, ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan elemen non-verbal lainuntuk menyampaikan pesan dengan efektif. Komunikasi interpersonal bukan hanya sekedar kata-kata yang diucapkan, tetapi juga tentang bagaimana pesan tersebut diterima dan dipahami oleh orang yang menerimanya.
Baca juga : Berikut adalah Manfaat Pelatihan Kerja
1. Bahasa verbal dan non verbal
Meliputi bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan nada suara.
2. Empati
Memahami dan merasakan perasaan orang lain dan merespon dengan penuh pengertian terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain.
3. Aktif mendengarkan
Mendengarkan dengan seksama serta fokus pada pembicara, menunjukkan minat dan memberikan umpan balik yang memperlihatkan pemahaman.
4. Penggunaan isyarat non verbal yang efektif
Meliputi gerakan tubuh, kontak mata, dan ekspresi wajah.
Baca juga : Hadapi Perubahan dalam Era Kecerdasan Buatan (AI)
Manfaat Komunikasi Interpersonal yaitu :
1. Membangun hubungan yang kuat
Komunikasi interpersonal yang efektif dapat membangun kepercayaan dan keterlibatan antar individu selain itu membentuk dasar hubungan yang sehat.
Dengan memahami dan menghargai perspektif orang lain, komunikasi interpersonal dapat membantu mengatasi konflik dan mencapai solusi yang saling menguntungkan.
3. Peningkatan produktivitas
Baik dalam konteks profesional maupun pribadi, komunikasi interpersonal yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja tim.
4. Pengembangan keterampilan sosial
Melalui interaksi interpersonal seseorang dapat mengasah keterampilan sosialnya.
Komunikasi interpersonal lebih dari sekedar pertukaran kata-kata, selain itu merupakan landasan terpenting dari setiap hubungan antarmanusia. Menerima sudut pandang orang lain adalah langkah penting untuk membangun hubungan yang bermakna dan kolaboratif. Dengan menghargai dan menghormati komunikasi antarpribadi, kita dapat membentuk dunia yang lebih baik di mana pengertian dan kerja sama adalah landasan terpenting dari semua hubungan.
Baca juga : IPK Tinggi dan Kesuksesan
Komentar
- Berikut tips Membangun Komunikasi Dengan Rekan Kerja
- Bagaimana Cara Membangun Komunikasi Efektif Dengan Atasan?
- Berikut 5 Etika Berbicara Dengan Atasan
- Bagaimana Cara Bersosialisasi yang Baik dan Sopan?
- Berikut Ini 6 Keuntungan Memilih Jurusan Komunikasi
- Beberapa Keterampilan Komunikasi agar Berpengaruh di Kantor
- 3 Cara Komunikasi yang Baik dengan Rekan Kerja
- 3 Keterampilan Komunikasi yang Tepat untuk Pemimpin
- 3 Pantangan Berkomunikasi dengan Senior Rekan Kerja
- 3 Cara Mengakhiri Percakapan di Tempat Kerja