- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Cari Muka?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Mengapa Sering Terjadi Konflik Kerja di Perusahaan?
- Berikut Beberapa Cara Menyelesaikan Konflik Kerja
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Tips Mengatasi Grogi di Depan Rekan Kerja
siker.id - Setiap karyawan tidak ingin terlibat konflik apa pun di tempat kerjanya. Mengapa? Karena konflik dapat menyebabkan stres, rasa frustasi, tempramen yang buruk, dan hal lainnya yang menurunkan tingkat produktivitas kerja. Akan tetapi, menurut sebuah penelitian, 85% karyawan pasti pernah merasakan konflik di tempat kerja. Baik konflik dengan rekan kerja atau dengan atasan. Kabar baiknya adalah Anda dapat menghindari konflik di tempat kerja Anda sehingga Anda dapat fokus menyelesaikan tugas dan pekerjaan Anda. Berikut tips menghindari konflik dengan rekan kerja Anda di kantor!
Baca juga: Berikut Ini Tanda Rekan Kerja Membencimu
1. Tarik Napas Sepuluh Hitungan
Ini adalah metode yang terkenal untuk menenangkan diri sendiri saat marah. Mungkin kesalahan paling mengerikan yang dapat Anda lakukan selama konflik adalah kehilangan akal karena marah dan mengatakan sesuatu yang tidak diharapkan. Saat merasa kehilangan kesabaran, tarik napas dalam-dalam dan mulailah menghitung sampai sepuluh. Ini akan membantu untuk tetap tenang dan ketika selesai, segala sesuatunya akan terasa jauh lebih dalam kendali Anda.
2. Segera Selesaikan Masalah
Komentar yang sangat menjijikkan atau lelucon yang melanggar batas sudah cukup untuk memicu amarah dalam diri. Karenanya, jika Anda tidak menyukai sesuatu yang dikatakan rekan kerja, segera beri tahu mereka dengan tenang dan sopan. Jika mengabaikannya, hal-hal kecil ini mungkin akan tumbuh dan berkembang menjadi sesuatu yang buruk. Oleh karena itu, ketika memiliki masalah, hentikan sejak awal dan selesaikan masalah tersebut terlebih dahulu.
Baca juga: Berikut Pertimbangan Menerima Kerja Walau Gaji Minim
3. Menerima Perbedaan Karakter
Setiap orang tumbuh di lingkungan berbeda yang sangat beragam. Prinsip dan nilai-nilai yang dianut tiap orang pun berbeda. Tidak heran, menurut sebuah penelitian, 49% konflik di tempat kerja disebabkan perbedaan karakter dan prinsip individu-individu di dalamnya. Untuk menghindari konflik, pahamilah bahwa setiap orang unik dan terimalah perbedaan karakter rekan kerja.
4. Bukalah Diri Kamu
Mendengarkan pendapat karyawan lain merupakan sikap keterbukaan kalian dilingkungan kerja, tanggapi dan hargai setiap pendapat orang lain. Jangan takut untuk bersikap jujur akan pendapat orang lain, berikan alasan yang sopan dan tegas jika merasa adanya perbedaan pendapat antar karyawan.
5. Berhenti Menceritakan Keluhan
Hal inilah yang harus dihindari dalam bekerja, mengeluh juga menggambarkan pribadi kita akan sikap kita yang tidak professional dalam bekerja. Mengeluh akan sesuatu boleh-boleh saja asal tidak melibatkan orang lain dan menimbulkan konflik antara pekerja lainnya.
Sekian artikel tentang tips menghindari konflik dengan rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Komentar
- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Cari Muka?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Mengapa Sering Terjadi Konflik Kerja di Perusahaan?
- Berikut Beberapa Cara Menyelesaikan Konflik Kerja
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Tips Mengatasi Grogi di Depan Rekan Kerja