- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
- 4 Tips Menjalankan Sales Canvassing
siKer.id- Berikut adalah perbedaan antara pemasaran jasa dan pemasaran produk:
Baca juga : 6 Keuntungan Public Relations
Pemasaran Produk:
1. Tangibel
Produk adalah benda fisik yang dapat dilihat, dirasakan, dan dipegang. Ini termasuk barang-barang fisik seperti pakaian, perangkat elektronik, dan makanan.
2. Intangible
Produk tidak memiliki sifat intangible. Seorang pembeli dapat melihat produk sebelum membelinya, dan karakteristik fisiknya biasanya menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian.
3. Kepuasan Sebelum Pembelian
Kepuasan konsumen seringkali terjadi setelah pembelian dan penggunaan produk. Fokus pemasaran produk adalah pada ciri fisik produk, kualitas, merek, dan manfaat yang diberikan.
4. Perkiraan Lebih Mudah
Perkiraan kebutuhan dan permintaan lebih mudah diprediksi karena sifat fisik produk yang konsisten.
5. Siklus Hidup Produk yang Jelas
Produk memiliki siklus hidup yang jelas yang terdiri dari tahap pengenalan, pertumbuhan, kedewasaan, dan penurunan.
6. Kedekatan dengan Konsumen
Produk cenderung lebih dekat dengan konsumen, memungkinkan interaksi yang lebih langsung.
7. Pengalaman yang Berulang
Produk seringkali menghasilkan pengalaman yang berulang, tetapi fokus utamanya adalah pada kualitas dan karakteristik fisik produk itu sendiri.
Baca juga : 5 Fungsi Konseling untuk Karyawan
Sedangkan Pemasaran Jasa:
1. Intangible
Jasa tidak berwujud, mereka adalah aktivitas, manfaat, atau kepuasan yang ditawarkan kepada konsumen. Contohnya adalah perawatan kesehatan, pendidikan, atau layanan konsultasi.
2. Pengalaman Pelanggan yang Langsung
Pemasaran jasa berkaitan dengan pengalaman pelanggan yang langsung. Sebagian besar waktu, konsumen akan mengalami jasa tersebut sebelum mereka membelinya sepenuhnya.
3. Kepuasan Pascapembelian
Kepuasan konsumen seringkali terjadi selama dan setelah penerimaan layanan, tidak hanya setelah pembelian. Fokus pemasaran jasa adalah pada pengalaman pelanggan, keandalan, keterampilan staf, dan kesesuaian.
4. Heterogenitas
Karena jasa melibatkan manusia, mereka cenderung tidak konsisten dalam kualitas, yang dapat memperumit pemasaran dan pengalaman pelanggan. Setiap kali seseorang memberikan layanan, hasilnya dapat bervariasi.
5. Pemasaran Mulut ke Mulut yang Penting
Pemasaran mulut ke mulut sering kali lebih penting dalam pemasaran jasa karena pengalaman konsumen sangat mempengaruhi keputusan pembelian calon konsumen lainnya.
6. Perkiraan yang Lebih Sulit
Karena sifat intangible dari jasa, memprediksi permintaan dan kebutuhan lebih sulit dibandingkan dengan produk.
7. Interaksi Langsung dengan Konsumen
Jasa sering kali memerlukan interaksi langsung antara penyedia layanan dan konsumen. Oleh karena itu, pelatihan karyawan dan pengembangan hubungan menjadi lebih penting dalam pemasaran jasa.
Baca juga : Tips Penting dalam Menjalankan Strategi Digital
Komentar
- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
- 4 Tips Menjalankan Sales Canvassing