- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Tips Menjadi Sales Sukses, Selengkapnya
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 5 Keuntungan Memilih Bekerja Sebagai Sales
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
- 4 Tips Menjalankan Sales Canvassing
- 4 Strategi Penjualan Dimasa Pandemi
- Tips MEDDIC Dapat Mendongkrak Penjualan
- 3 Rahasia Sukses menjadi Tenaga Penjual Handal
- 3 Metode Kerja Sales Canvasing
siKer.id- Retail sales adalah proses penjualan produk atau layanan langsung kepada konsumen akhir melalui toko fisik atau online. Tugas utama dari seorang penjual retail adalah untuk membantu pelanggan dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka, serta menyediakan informasi tentang fitur, manfaat, dan harga produk. Berikut adalah beberapa tugas umum yang dilakukan oleh seorang penjual retail:
Baca juga : 7 Strategi Menjadi Sales Profesional
Menyambut pelanggan yang datang ke toko dengan ramah, membantu mereka menemukan produk yang mereka cari, dan menjawab pertanyaan mereka tentang produk atau layanan yang ditawarkan.
2. Memberikan Informasi Produk
Menjelaskan fitur, manfaat, dan harga produk kepada pelanggan, serta memberikan rekomendasi jika diperlukan.
3. Mengelola Persediaan
Memastikan bahwa produk yang tersedia di toko dalam kondisi baik dan mencukupi untuk memenuhi permintaan pelanggan. Ini termasuk melakukan inventarisasi, merapikan rak, dan mengatur tata letak toko.
4. Proses Transaksi
Mengoperasikan kasir atau sistem pembayaran elektronik untuk memproses pembelian pelanggan, menerima pembayaran, dan memberikan struk atau bukti pembelian.
5. Menanggapi Keluhan
Menangani keluhan atau masalah pelanggan dengan profesional dan membantu mencari solusi yang memuaskan bagi kedua belah pihak.
Baca juga : Berikut Strategi Promosi Agar Penjualan Meningkat
6. Promosi dan Penjualan
Mempromosikan produk atau layanan melalui tindakan penjualan seperti penawaran khusus, diskon, atau program loyalitas pelanggan.
7. Mengelola Stok
Memantau penjualan produk dan mengidentifikasi tren penjualan, serta mengajukan pesanan ulang kepada pemasok jika diperlukan.
8. Menjaga Kebersihan dan Kerapihan Toko
Memastikan kebersihan dan kerapihan toko, termasuk membersihkan area penjualan, rak, dan area pameran.
9. Pelatihan dan Pengembangan
Terlibat dalam pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan pengetahuan produk dan keterampilan penjualan
10. Mengikuti Kebijakan dan Prosedur
Mematuhi kebijakan dan prosedur perusahaan terkait dengan penjualan, keamanan, dan pelayanan pelanggan.
Job desk seorang penjual retail bisa bervariasi tergantung pada ukuran toko, jenis produk yang dijual, dan kebijakan perusahaan. Namun demikian, tugas-tugas di atas merupakan tugas umum yang sering diemban oleh penjual retail di berbagai jenis toko.
Baca juga : Peran Account Executive dalam Tim Sales
Komentar
- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Tips Menjadi Sales Sukses, Selengkapnya
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 5 Keuntungan Memilih Bekerja Sebagai Sales
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
- 4 Tips Menjalankan Sales Canvassing
- 4 Strategi Penjualan Dimasa Pandemi
- Tips MEDDIC Dapat Mendongkrak Penjualan
- 3 Rahasia Sukses menjadi Tenaga Penjual Handal
- 3 Metode Kerja Sales Canvasing