Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Yuk Kenali 5 Langkah Biar PD di Lingkungan Kerja Baru!
Siker.id | 30 Aug 2024 16:05


Bagikan ke
ilustrasi PD (siKer.id/dok.freepik)

siKer.id - Beradaptasi dan percaya diri di lingkungan kerja yang baru bisa menjadi tantangan, tetapi ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk membangun rasa percaya diri:

Baca juga: Sering Overthinking? Yuk Kenali Strategi Untuk Menguranginya

1. Ajukan Pertanyaan dan Bersikap Ingin Tahu

Bertanya dan menunjukkan rasa ingin tahu dapat membantu Anda memahami tugas dan ekspektasi dengan lebih baik, yang pada gilirannya meningkatkan rasa percaya diri. Mengetahui lebih banyak tentang pekerjaan Anda akan membuat Anda merasa lebih siap dan kompeten.

2. Kenali dan Hargai Prestasi Anda Sendiri

Mengakui pencapaian pribadi, bahkan yang kecil, adalah cara efektif untuk membangun kepercayaan diri. Mengingatkan diri sendiri akan kemampuan dan prestasi Anda dapat mengurangi perasaan cemas atau tidak layak.

3. Berpakaian Sesuai dan Profesional

Cara Anda berpakaian dapat mempengaruhi perasaan Anda tentang diri sendiri. Berpakaian dengan cara yang membuat Anda merasa nyaman dan profesional dapat meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja.

Baca juga: 6 Tips Mencari Niche Untuk Penulis Pemula!

4. Minta Umpan Balik

Proaktif meminta umpan balik dapat membantu Anda memahami area yang perlu ditingkatkan dan memberikan keyakinan bahwa Anda berada di jalur yang benar. Ini juga menunjukkan bahwa Anda berkomitmen untuk berkembang.

5. Bersikap Positif dan Atasi Rasa Cemas

Mengendalikan pikiran negatif dan menggantinya dengan afirmasi positif dapat membantu Anda membangun kepercayaan diri. Fokus pada kekuatan dan potensi Anda daripada kekhawatiran atau keraguan.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan kepercayaan diri dan merasa lebih nyaman serta percaya diri di lingkungan kerja yang baru.

Baca juga: Ini Dia Perbedaan Influencer dan Brand Ambassador


Editor: Agung Pandu Winasis -

     

Komentar