- 4 Perbedaan PKWT & PKWTT dalam Dunia Kerja
- Pentingnya Attitude dan Tutur Bahasa dalam Dunia Kerja!
- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Perbedaan CV dan PT, Baca ini
- Simak ! Tujuan Melakukan Assesment Menurut Para Ahli
- Cara Mengendalikan Emosi di Tempat Kerja, Selengkapnya
siker.id - Anggapan bahwa dunia kerja itu keras ternyata bukanlah suatu anggapan semata. Buktinya ketika memasuki dunia kerja kita akan menemukan berbagai permasalahan yang lebih kompleks, tantangan pekerjaan yang semakin besar, hingga persaingan antara sesama rekan kerja. Nah persaingan di dunia kerja ini memang tidak bisa dihindari. Sisi positif dengan adanya persaingan tersebut adalah dapat memotivasi para karyawannya untuk meningkatkan kualitas pekerjaan yang ia geluti. Namun hal negatif sering ditemukan yaitu adanya persaingan tidak sehat antar rekan kerja, diam-diam menjatuhkan satu sama lain, dan hal lainnya. Berikut ini tips bersaing sehat dalam dunia kerja.
Baca juga: Sudah Siap Menghadapi Persaingan Kerja? Berikut Tipsnya!
1. Singkirkan Ego
Menyingkirkan ego adalah langkah utama untuk bersaing sehat di kantor. Memang rasanya tidak mudah untuk dilakukan, sebab bersaing dengan rekan kerja tentu melibatkan tenaga, perasaan, dan emosi. Namun, Anda juga bisa memulainya dari hal-hal kecil. Contohnya, hindari memotong rekan kerja yang sedang berbicara di tengah meeting.
2. Ingatkan Pentingnya Kerja Tim
Bersaing dengan rekan kerja secara sehat itu sah dan baik-baik saja. Namun, dalam beberapa kesempatan ingatlah bahwa kerja sama tim atau kolaborasi terkadang lebih baik. Anda juga bisa untuk mengingatkan pentingnya nilai kerja sama tim pada rekan kerja di kantor Anda.
3. Akui Keberhasilan Orang Lain
Ketika bersaing, ada kalanya rasa iri dan cemburu muncul. Apa lagi jika Anda jarang merasakan kegagalan dalam hidup. Mengakui keberhasilan dan pencapaian orang lain pun terasa seperti pekerjaan yang berat. Padahal, persaingan kerja yang sehat dapat dimulai dari hal sederhana seperti ini.
4. Buat Persaingan Menyenangkan
Bersaing dengan kolega tidak harus untuk urusan pekerjaan saja. Sesekali tak ada salahnya Anda mengusulkan agar diadakan kegiatan hiburan atau olahraga untuk karyawan di luar jam kantor. Contohnya, pertandingan futsal. Selain dapat mengusir penat usai bekerja, Anda dan rekan-rekan kerja juga bisa jadi semakin kompak, serta terbiasa bersaing secara sehat.
5. Tingkatkan kualitas kerjamu di kantor
Cara bersaing secara sehat terakhir yaitu dengan meningkatkan kualitas pekerjaan Anda di kantor. Tunjukkan kepada sainganmu bahkan atasan bahwa Anda adalah sosok yang patut diperhitungkan dalam pekerjaan tersebut. Menjadi karyawan yang bertanggung jawab dari setiap amanah dan meningkatkan kualitas diri yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu Anda bisa menentukan target pekerjaan yang ingin dicapai dalam waktu terdekat hingga masa mendatang.
Sekian artikel tentang tips bersaing sehat di dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Berikut Ini Realita Dunia Kerja Yang Perlu Anda Tahu
Komentar
- 4 Perbedaan PKWT & PKWTT dalam Dunia Kerja
- Pentingnya Attitude dan Tutur Bahasa dalam Dunia Kerja!
- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Perbedaan CV dan PT, Baca ini
- Simak ! Tujuan Melakukan Assesment Menurut Para Ahli
- Cara Mengendalikan Emosi di Tempat Kerja, Selengkapnya