- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?
- Berikut Tips Melewati Tiga Bulan Pertama Kerja
- Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan
siker.id - Dalam dunia kerja, profesionalisme merupakan sikap yang harus ada dalam diri setiap individu. Sikap profesional mencerminkan bahwa kamu adalah orang yang berintegritas tinggi serta berkomitmen penuh terhadap pekerjaan. Anda adalah sosok yang bertanggung jawab dan selalu mengerjakan apapun sebaik mungkin. Namun, memiliki sikap profesional dalam bekerja juga tidak semudah kelihatannya, lho. Adakalanya kamu akan terjebak oleh sikap dan perilaku buruk dalam dirimu sehingga menjadi sosok yang semaunya sendiri. Kira-kira apa sajakah itu? Berikut lima sikap yang membuatmu terkesan tidak profesional dalam dunia kerja.
1. Selalu Terlambat
Sikap tidak profesional yang pertama adalah kebiasaan terlambat. Mulai dari terlambat masuk kantor atau terlambat saat harus mengikuti suatu rapat sama-sama bukan hal yang baik. Ketepatan waktu sangatlah penting bagi karyawan. Profesionalisme seseorang bisa ditunjukkan dari seberapa tepat waktu ia saat bekerja. Selain bisa membuatmu terlihat malas, selalu terlambat juga menunjukkan bahwa kita kurang peduli dengan pekerjaan.
2. Suka Menggosip
Kebiasaan menggosip sebaiknya jangan pernah dilakukan saat di jam kantor. Hal ini akan membuatmu sangat terlihat tidak profesional. Apalagi jika bahan gosip yang dibicarakan adalah hal-hal yang negatif. Pastinya Anda akan disebut sebagai rekan kerja yang toxic. Jika memiliki masalah dengan teman kantor, sebaiknya bicarakan baik-baik kepada yang bersangkutan. Jangan sampai Anda menggosip dan membicarakannya di belakang.
3. Bersikap Agresif dan Menggoda Rekan Kerja
Tidak sepantasnya Anda menggoda teman kerja, meskipun kelihatannya mereka dekat dengan Anda. Bisa saja mereka menganggap kedekatan dengan Anda sekadar untuk melancarkan pekerjaan yang diberikan oleh atasan.
Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Koneksi Profesional Yang Tepat?
4. Kecanduan Ponsel dan Membuka Setiap Saat
Gunakan smartphone Anda di saat sedang santai atau istirahat. Gunakan secara bijak, jangan sampai mengganggu aktivitas kerja. Jika saat sedang rapat Anda masih bermain ponsel, hal ini akan sangat mengganggu, bahkan bisa-bisa Anda mendapat teguran dari atasan.
5. Tidak Menepati Janji
Tentu Anda pernah mengucapkan janji ke orang-orang di sekitar, termasuk dengan orang-orang di lingkungan kerja. Meskipun cuma sebaris kalimat, namun ucapan janji tidak dapat diabaikan begitu saja. Apa yang sudah Anda ucapkan adalah cerminan kualitas dan karakter dirimu. Perlu diketahui, kebiasaan tidak menepati janji merupakan sikap yang harus segera dihilangkan. Terbiasa ingkar janji dapat membuat orang-orang tidak dapat percaya lagi sehingga dirimu terkesan tidak profesionalitas.
Sekian artikel tentang sikap yang membuat tidak profesional. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Berikut Cara Menjaga Profesionalisme Ditempat Kerja
Komentar
- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?
- Berikut Tips Melewati Tiga Bulan Pertama Kerja
- Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan