Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Menegur Kesalahan Rekan Kerja selama WFH
Siker.id | 20 Jan 2022 11:30


Bagikan ke
Tips menegur kesalahan rekan kerja selama WFH. (siker)

siker.id - Sistem kerja berbasis work from home (WFH) membuat platform online, seperti Zoom dan Skype laris-manis. Platform ini sering dijadikan sebagai media untuk berdiskusi sekaligus mengecek kehadiran karyawan. Namanya dunia kerja, tak pernah lepas dari namanya kesalahan. Apalagi sejak pakai sistem kerja WFH, perselisihan di antara rekan kerja semakin tinggi akibat terbatasnya komunikasi. Jika suatu saat ada rekan kerja yang berbuat salah, berikut tips menegurnya agar ia tidak merasa dipermalukan di depan publik.

Baca juga: Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Caper pada Atasan?

Manfaatkan fitur voice note

Jika malas mengetik, bisa manfaatkan fitur voice note untuk berkirim pesan. Fitur ini memudahkan Anda untuk memberi penjelasan secara detail mengenai kesalahan yang dilakukan rekan kerja. Jadi, ia pun dapat berbenah pada hari itu juga dan hari selanjutnya. Sebelum merekam suara, perhatikan jarak mulut dan mikrofon pada smartphone. Pastikan jaraknya tidak terlalu jauh, sehingga kualitas voice note bagus. Rekan kerja juga dapat mendengarkan penjelasan kamu dengan baik.

Perhatikan intonasi

Anda boleh merasa kelas saat rekan kerja melakukan kesalahan, apalagi kalau berimbas langsung pada produktivitas diri sendiri. Meski jengkel, tetap perhatikan intonasi saat menyampaikan kata-kata agar tidak mengejutkan dan menyakiti hati orang yang mendengarnya. Urusannya semakin panjang kalau rekan kerja terlanjur sakit hati. Bisa-bisa hubungan menjadi renggang, yang membuat Anda kurang nyaman selama bekerja meskipun masih WFH. Bagaimanapun juga, Anda pasti akan berkomunikasi dengan rekan kerja tersebut selama pekerjaannya masih berhubungan.

Berikan pengertian

Hal yang wajar jika junior berbuat salah sewaktu bekerja. Daripada memperpanjang masalah, lebih baik berikan pengertian kepada junior tentang informasi yang dibutuhkannya. Dengan demikian, kesalahan tersebut tidak kembali terulang pada kesempatan berikutnya. Sudah sepantasnya senior mengayomi junior. Anggaplah ini sebagai bentuk latihan kalau sewaktu-waktu kamu diangkat menjadi pemimpin di suatu perusahaan. Sebab pemimpin yang baik adalah yang mau mengayomi, bukan otoriter.

Baca juga: Berikut 5 Ciri Rekan Kerja yang Banyak Modus

Kirim pesan secara private

Jika rekan kerja berbuat salah saat mengikuti Zoom Meeting, misalnya, jangan tegur gi grup besar. Sebaiknya kirimkan pesan secara private lewat grup tersebut dengan menentukan nama penerimanya. Jadi, yang dapat membaca pesan tersebut cuma orang yang ditentukan. Dengan cara ini, rekan kerja tak perlu menanggung malu akibat kesalahan yang dibuatnya. Ia juga terbebas dari sanksi yang mungkin saja diberikan atasan akibat pelanggaran yang dilakukan.

Gunakan kata-kata yang sopan

Sama halnya seperti intonasi, pemilihan kata-kata juga perlu diperhatikan saat menegur seseorang. Meskipun yang ditegur masih junior, apa salahnya gunakan kata-kata yang sopan agar tegurannya lebih enak di dengar. Pemilihan kata-kata yang baik mencerminkan kalau Anda memilih penyelesaian secara damai daripada bertengkar.

Sekian artikel tentang tips menegur kesalahan rekan kerja selama wfh. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mengkritik Rekan Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar