- Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Cari Muka?
- Berikut Tips Mengatasi Grogi di Depan Rekan Kerja
- Bagaimana Cara Membangun Networking Yang Baik?
- Berikut tips Membangun Komunikasi Dengan Rekan Kerja
- Berikut Manfaat Membangun Relasi Dengan Rekan Kerja
- Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Menyindir
- Berikut Ini Tanda Rekan Kerja Membencimu
- Berikut Tips Menghindari Konflik Dengan Rekan Kerja
- Bagaimana Mengatasi Rasa Iri Pada Rekan Kerja?
- Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Pemalas
siker.id - Pendapatmu sering diabaikan oleh rekan kerja? Tak perlu sedih, sebenarnya ada beberapa tips agar sebuah pendapat bisa dihargai. Tips-tips ini memang perlu dimulai dari diri sendiri. Kamu harus percaya diri dan yakin dengan opini yang ingin disampaikan. Jika terus dipraktikkan, orang-orang di sekitar pasti mendengarkan pendapatmu. Berikut beberapa tips agar pendapatmu di dengar oleh rekan kerja dan atasan!
Baca juga: Berikut Tips Menegur Kesalahan Rekan Kerja selama WFH
Percaya diri
Modal utama dalam menyampaikan pendapat adalah rasa percaya diri. Sebagus dan sebrilian ide yang akan disampaikan, kalau kamu tidak percaya diri maka semua itu nggak maksimal. Kamu akan terlihat tidak yakin dan justru mengundang ketidakpercayaan. Jangan pernah merasa ragu kalau kamu tahu itu memang ide yang tepat. Buat orang lain terkesima dengan gaya bicaramu.
Pembahasan sesuai masalah
Pastikan kamu mengutarakan pendapat di saat yang tepat atau sesuai dengan masalah. Fokuskan pikiran pada kasus yang sedang dibahas di kantor. Jangan pernah menyeletuk saat suasana sedang tegang atau serius, hal itu dapat membuat jelek citra dirimu di hadapan orang lain. Jangan lupa perkuat pendapat dengan fakta yang ada.
Gunakan kata-kata konkret
Semakin konkret pikiran, semakin jelas ucapan, dan semakin banyak orang, maka orang akan mendengarkan dan memahami apa yang kamu ucapkan. Cobalah untuk tidak menggunakan kata-kata absolut seperti "selalu" atau "tidak pernah". Pendapatmu akan lebih persuasif jika kamu lebih spesifik. Maka orang yang mendengarmu akan merasa tergugah untuk menyetujuinya.
Baca juga: Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Caper pada Atasan?
Lebih awal, lebih baik
Pernahkah kamu berada di situasi ketika harus berpendapat, tetapi pendapatmu sudah disampaikan oleh orang lain? Jangan sampai hal tersebut terjadi berulang kali. Biasanya, kondisi itu terjadi ketika kamu tidak berani menyampaikan pendapat di awal rapat. Kamu terus menunda untuk berbicara hingga akhirnya pendapat tersebut diungkapkan orang lain. Oleh karena itu, usahakan kamu menyampaikan pendapat di awal rapat. Tips ini terbilang ampuh agar sebuah pendapat dihargai.
Bicara dengan tenang
Ketika ada suatu masalah, kamu mungkin berapi-api. Kamu ingin menyuarakan pendapatmu dengan lantang dan tegas. Namun, tips agar pendapat tersebut dihargai, bicaralah dengan tenang dan pelan. Jangan salah, bicara tenang bukan berarti tidak tegas, kok. Justru dengan bicara pelan, orang lain harus menghentikan aktivitasnya demi mendengarkanmu.
Sekian artikel tentang tips menyampaikan pendapat agar didengar dan diterima rekan kerja dan atasan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Berikut 5 Ciri Rekan Kerja yang Banyak Modus
Komentar
- Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Cari Muka?
- Berikut Tips Mengatasi Grogi di Depan Rekan Kerja
- Bagaimana Cara Membangun Networking Yang Baik?
- Berikut tips Membangun Komunikasi Dengan Rekan Kerja
- Berikut Manfaat Membangun Relasi Dengan Rekan Kerja
- Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Menyindir
- Berikut Ini Tanda Rekan Kerja Membencimu
- Berikut Tips Menghindari Konflik Dengan Rekan Kerja
- Bagaimana Mengatasi Rasa Iri Pada Rekan Kerja?
- Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Pemalas