- Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
- Gunakan Bahasa Tubuh Ini saat Interview Kerja dengan HRD
- Bekerja dengan Gaji Kecil atau Mengganggur? Pilih Mana
- Bagaimana Melakukan Analisa Pekerjaan yang Tepat?
- Langkah-langkah Penting dalam Membuat Job Analysis
- Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?
- Legal Officer: Definisi dan Tugasnya Dalam Perusahaan
- Apa Tugas dan Fungsi Seorang Programmer?
- Apa Itu Reporter dan Perannya Dalam Dunia Media?
- Berikut Ini Manfaat dari Penyusunan Job Description
siker.id - Excel merupakan software yang sering digunakan serta dirancang dalam semua bidang pekerjaan. Excel memiliki fungsi yang diperuntukkan mengelola data hingga teks serta membuat diagram dan grafik. Excel juga berguna untuk membuat data-data sederhana.
Ternyata, ada beberapa fungsi Excel yang jarang digunakan namun dapat membantu pekerjaan kita, terutama para fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja. Rumus excel yang jarang digunakan tersebut ternyata dapat membantu pekerjaan menjadi lebih cepat dan akurat.
Apa saja rumus tersebut? Berikut adalah penjelasannya!
5 Bilangan Terbesar
Ingin mengetahui 5 tenaga penjualan teratas atau 10 toko teratas atau 3 pelanggan teratas perusahaan? Kalian bisa menggunakan =LARGE (group of cells.2) finds the second highest value, 3 finds third largest, etc.
Gunakan juga =SMALL (group of cells, 2) untuk menemukan angka terendah ke 2.
Rumus Mencari Tanggal
Jika kalian ingin mengetahui rumus tanggal kalian dapat mencari tanpa menggunakan rumus sederhana seperti =TODAY () untuk mengembalikan tanggal hari ini.
Rumus tersebut sangat berguna untuk mengetahui seberapa terlambat faktur, berapa lama hingga tanggal acara, dan lain sebagainya. Rumus tersebut dapat diperbarui secara otomatis dengan menggunakan Ctrl + ; dan memberikan tanggal hari ini dengan hasil yang tetap.
Baca juga: 4 Tanda Anda Mencintai Pekerjaan
MROUND
Pembulatan adalah fitur yang sangat jarang digunakan di excel. Pembulatan juga dapat mempermudah pengguna. Contoh penggunaannya yaitu =MROUND (cell, 250) dibulatkan ke 250 terdekat.
IFERROR
Jika Excel menemukan kesalahan, rumus apa pun yang ditautkan ke cell akan menyebabkan masalah. "Eror" tersebut mungkin sebenarnya bukan kesalahan, jika kalian sering mengabaikan "eror" tersebut.
=IFERROR (cell,0)
Dengan menggunakan rumus itu akan menggantikan kesalahan dengan 0 dan tidak berhubungan dengan sel lain.
TRIM spaces, before, after and in between text
Terkadang teks dalam cell tidak sengaja memiliki banyak spasi baik sebelum, sesudahnya, atau di antara kata. Satu rumus dapat memperbaiki ketiga permasalahan tersebut. Cukup ketik =TRIM (cell dengan teks) untuk menghilangkan semua spasi berlebih.
Dengan menggunakan fungsi pembersih teks apa pun, kalian harus merubah rumus menjadi teks dengan menyalin lalu menggunakan paste special "values".
Sekian artikel tentang rumus excel yang penting untuk pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Tips Mendapatkan Pekerjaan bagi Pemalu
Komentar
- Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
- Gunakan Bahasa Tubuh Ini saat Interview Kerja dengan HRD
- Bekerja dengan Gaji Kecil atau Mengganggur? Pilih Mana
- Bagaimana Melakukan Analisa Pekerjaan yang Tepat?
- Langkah-langkah Penting dalam Membuat Job Analysis
- Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?
- Legal Officer: Definisi dan Tugasnya Dalam Perusahaan
- Apa Tugas dan Fungsi Seorang Programmer?
- Apa Itu Reporter dan Perannya Dalam Dunia Media?
- Berikut Ini Manfaat dari Penyusunan Job Description