- 5 Hal Yang Perlu di Ingat Bagi Pelamar Fresh Graduate
- Tips Melamar Pekerjaan Via Email, Langsung Dilirik HRD!
- Jika Ditanya Alasan Melamar Pekerjaan, Jawab dengan Ini !
- Begini Pertanyaan Seputar Wawancara Kerja, Simak Yuk !
- Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
- Gunakan Bahasa Tubuh Ini saat Interview Kerja dengan HRD
- Bekerja dengan Gaji Kecil atau Mengganggur? Pilih Mana
- Bagaimana Melakukan Analisa Pekerjaan yang Tepat?
- Langkah-langkah Penting dalam Membuat Job Analysis
- Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?
siker.id - Persaingan di dunia kerja saat ini semakin hari semakin ketat. Anda saat ini pasti merasakan hal ini. Para sarjana berusaha berjuang mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Namun, setiap aplikasi yang terkirim belum tentu lanjut pada proses wawancara kerja. Apakah saat ini Anda pernah mengalaminya? Atau pernahkah Anda, sudah mengikuti sekian kali wawancara kerja, tapi akhirnya tidak mendapat kabar baik? Nah, agar pencarian kerja Anda efektif dan efisien, lakukan tips di bawah ini!
Baca juga: Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Melamar Kerja
Update profil di LinkedIn
Saat ini, tak jarang perekrut mengunjungi profil LinkedIn Anda untuk mengetahui kelayakan Anda sebagai kandidat. Oleh karena itu, isilah kolom profil di LinkedIn dengan lengkap. Meski Anda sudah melengkapi aplikasi pada talent marketplace, tak ada salahnya juga memperbarui informasi pada akun LinkedIn. Sebab, halaman profil LinkedIn bisa meningkatkan nilai tambah Anda di mata perusahaan. Jangan lupa, pasanglah foto formal pada profil LinkedIn Anda.
Berpakaian pantas
Pilih pakaian yang sopan untuk menghadiri wawancara dengan HRD. Kesopanan Anda dalam berpakaian, masuk dalam penilaian selama wawancara. Tingkatkan peluang Anda dengan berpakaian yang pantas, tapi tetap menarik. Selain itu, jaga sikap Anda saat mengikuti wawancara. Perbanyak senyum dan hindarilah membungkuk atau menyilangkan tangan di depan dada.
Baca juga: Berikut Tips Melamar di Posisi Tinggi
Siapkan pertanyaan untuk wawancara
Saat Anda menerima undangan wawancara dari divisi human resources development (HRD) perusahaan, pastikan Anda menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang ingin diajukan. Pada umumnya, HRD akan mempersilakan Ana mengajukan pertanyaan mengenai perusahaan maupun ruang lingkup pekerjaan Anda. Jika HRD membuka topik mengenai penghasilan dan manfaat yang ditawarkan perusahaan, seperti asuransi, Anda bisa memanfaatkannya untuk menanyakan kisaran gaji.
Namun yang tak kalah penting, lakukan konfirmasi kehadiran kepada perusahaan yang mengirimkan undangan wawancara.
Lakukan riset
Dan hal yang paling utama dan perlu dilakukan adalah cari tahu latar belakang perusahaan yang Anda lamar. Anda bisa menemukan berbagai informasi melalui situs resmi perusahaan, maupun googling. Jangan sampai Anda bekerja di perusahaan yang tidak sesuai dengan bidang serta minat Anda. Riset ini berguna untuk menentukan kelayakan Anda dalam mengajukan lamaran kerja. Semoga dengan mencari tahu berbagai informasi tentang perusahaan tersebut, Anda bisa menyiapkan diri lebih baik, sehingga menarik bagi perusahaan.
Sekian artikel tentang tips agar bisa segera mendapat pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: 4 Pola Pikir yang Harus Dimiliki Sebelum Melamar Kerja
Komentar
- 5 Hal Yang Perlu di Ingat Bagi Pelamar Fresh Graduate
- Tips Melamar Pekerjaan Via Email, Langsung Dilirik HRD!
- Jika Ditanya Alasan Melamar Pekerjaan, Jawab dengan Ini !
- Begini Pertanyaan Seputar Wawancara Kerja, Simak Yuk !
- Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
- Gunakan Bahasa Tubuh Ini saat Interview Kerja dengan HRD
- Bekerja dengan Gaji Kecil atau Mengganggur? Pilih Mana
- Bagaimana Melakukan Analisa Pekerjaan yang Tepat?
- Langkah-langkah Penting dalam Membuat Job Analysis
- Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?