icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips HRD Menyiapkan Interview Kerja
Siker.id | 15 Feb 2022 14:45


Bagikan ke
HRD menyiapkan interview kerja. (siker)

siker.id - Ketika HR akan melakukan interview kepada kandidat, Anda ingin hasil akhirnya adalah menemukan individu yang sesuai kebutuhan perusahaan, apa saja keterampilannya terkait posisi yang dilamar maupun yang tidak terkait, bagaimana kemampuan interpersonalnya, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu pentingnya interview ini untuk bisa mencari informasi sebanyak mungkin dari kandidat, dan apakah akan cocok dengan visi misi perusahaan atau tidak.

Untuk mendukung tujuan di atas, HR perlu sekali mempersiapkan interview kerja secara tepat. Berikut ini beberapa langkah-langkah interview kerja:

Baca juga: 4 Tanda Interview Sukses

Mempelajari CV Kandidat

Sebelum mewawancarai kandidat, pastikan Anda telah membaca seluruh curriculum vitae (CV) dan portofolio-nya dengan baik. Dari hal itu, HR dapat membuat pertanyaan untuk menggali potensi kandidat hingga menyiapkan daftar pertanyaan.

Menyiapkan Daftar Pertanyaan

Selanjutnya, siapkan daftar pertanyaan. Siapkan pertanyaan yang ingin Anda sampaikan ke kandidat.

Stefanie Frenking, Head of Recruiting di Spreadshirt, mengatakan pertanyaan yang terlalu jauh pada kehidupan pribadi kandidat dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau kecanggungan.

pertanyaan tentang pengalaman adalah indikator yang baik untuk mengetahui soft skill kandidat. Misal bagaimana mereka terlambat menyelesaikan tugas, bagaimana mengatasi konflik dengan supervisor, menghadapi klien, dan lainnya.

Baca juga: 4 Tips Lolos Interview Kerja

Memahami Job Description

Setelah menyusun pertanyaan, ada baiknya memilah pertanyaan sesuai job description. Lalu pahami deskripsi pekerjaan milik perusahaan Anda dengan pekerjaan serta keterampilan kandidat saat ini. Langkah ini dapat membantu Anda bila menghadapi kandidat yang canggung ketika interview.

Mengatur Jadwal Interview

Saatnya mengatur jadwal interview kerja dengan kandidat. Biasanya HR akan menghubungi kandidat lewat telepon dan menyampaikan informasi undangan interview kerja (datang ke kantor maupun video call).

Selanjutnya kirimkan detail waktu dan lokasi akan dikirim HR melalui email. Berikan pula nomor telepon yang bisa dihubungi, jika kandidat ingin bertanya hal-hal yang kurang jelas kepada HR.

Sekian artikel tentang tips HRD menyiapkan interview kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan ke banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Percaya Diri saat Interview Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar