- Bagaimana Memilih Perusahaan Untuk Karir Jangka Panjang?
- Apa Pengaruh Sosial Media Dalam Peningkatan Karir?
- Apa Perbedaan Antara Karir dan Pekerjaan?
- Apa Penyebab Karir Anda Tidak Berkembang?
- Berikut Ini Keuntungan Berlibur Buat Perkembangan Karir
- Berikut Tips Menyeimbangkan Karir dan Keluarga
- Berikut Tips Menjadi Wanita Karir Yang Sukses
- Berikut 5 Cara Menentukan Jenjang Karir Yang Tepat
- Berikut Ini 5 Kunci Sukses Dalam Karir
- Berikut Keuntungan Jalan Karir Generalist
siker.id - Teknologi kian berkembang pesat dan membuka berbagai peluang baru untuk banyak posisi. Apalagi digital marketing mulai digunakan di banyak perusahaan. Salah satu pekerjaan yang populer berkat perkembangan media sosial adalah copywriter.
Copywriter adalah seseorang yang bertugas menulis konten atau kalimat dengan diksi kreatif yang berguna untuk mempromosikan, menginformasikan, serta meningkatkan awareness audience terhadap produk perusahaan itu sendiri.
Selain itu berikut beberapa tugas lain dari seorang copywriter:
Membuat Copywriting yang Menarik
Pernahkah Anda melihat kalimat yang lucu tetapi menarik dalam caption Instagram? Itulah contoh dari copywriting.
Pengertian copywriting adalah teknik menulis kreatif yang menggugah dengan tujuan komersial. Dari sebuah tulisan, diharapkan audience atau pembaca akan melakukan tindakan lebih lanjut berupa pembelian produk.
Konsep yang digunakan dapat berpatokan pada AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action).
Memunculkan Ide Segar
Ide yang fresh dan menarik mampu menggaet audience dalam waktu singkat. Semua ide yang menarik bisa didapatkan dari riset pasar, membaca buku, mendengarkan musik, dan sebagainya.
Namun, tak jarak seseorang yang bekerja di dunia penulisan kreatif mengalami writer’s block, yaitu sebuah kondisi dimana seseorang memproses ide dan pemikiran kreatif jauh lebih lama dibandingkan kondisi normal.
Baca juga: 4 Hal yang Menunjukkan Kamu Penulis Sukses
Menulis dengan Empati
Empati dapat menggugah perasaan masyarakat dan meningkatkan kemungkinan masyarakat untuk mengambil tindakan atau call to action.
Semakin banyak masyarakat yang terpengaruh, maka semakin besar penjualan atau keberhasilan dalam menggapai tujuan. Perpaduan empati dan kemampuan untuk story telling dapat menyajikan konten yang mengalir tapi tetap menuju sasaran.
Menyusun Konten Kreatif
Kreatifitas yang tinggi sangat berperan penting dalam posisi ini. Tulisan yang kreatif dapat mencuri perhatian masyarakat dan meningkatkan penjualan.
Konten yang kreatif harus out of the box dan tetap berpedoman terhadap produk perusahaan dengan bahasa yang mudah dipahami. Melalui copywriting, seorang copywriter bisa meningkatkan penjualan sebuah produk.
Sekian artikel tentang tugas copywriter. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: 4 Peran Penting Editor Bagi Penulis
Komentar
- Bagaimana Memilih Perusahaan Untuk Karir Jangka Panjang?
- Apa Pengaruh Sosial Media Dalam Peningkatan Karir?
- Apa Perbedaan Antara Karir dan Pekerjaan?
- Apa Penyebab Karir Anda Tidak Berkembang?
- Berikut Ini Keuntungan Berlibur Buat Perkembangan Karir
- Berikut Tips Menyeimbangkan Karir dan Keluarga
- Berikut Tips Menjadi Wanita Karir Yang Sukses
- Berikut 5 Cara Menentukan Jenjang Karir Yang Tepat
- Berikut Ini 5 Kunci Sukses Dalam Karir
- Berikut Keuntungan Jalan Karir Generalist