- Simak ! Keuntungan Kerja WFH
- Kiat Ampuh Beradaptasi di Tempat Kerja yang Baru !
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Berikut Tips Adaptasi Kerja buat Fresh Graduate
- Berikut Kekurangan Work From Home
- Berikut Perbedaan WFH dan Remote Working
- Berikut 5 Keuntungan Bekerja Secara Remote
- Berikut Tips Menegur Kesalahan Rekan Kerja selama WFH
- 4 Tips Adaptasi Kerja Buat Introvert
- Tips Menanggapi Teman yang Toxic saat WFH
siker.id - Sejak adanya pandemi, dunia kerja mengalami perubahan yang besar. Sebagian besar pekerjaan, termasuk rekrutmen, dilakukan secara online. Tanpa disadari, dua tahun telah berjalan, hingga banyak karyawan-karyawan baru yang belum pernah bertemu langsung dengan rekan kerjanya selama bekerja dari rumah dalam beberapa bulan bahkan sampai setahun.
Setelah program vaksinasi berjalan, beberapa kantor mempertimbangkan untuk menerapkan kerja di kantor (WFO) atau sistem kerja campuran (hybrid working). Namun, kembali ke kantor berarti mengubah lagi kebiasaan yang sudah berjalan. Karyawan gelombang pandemi harus menyesuaikan diri lagi dengan cara kerja ini, mulai dari hal teknis hingga penyesuaian secara psikologis. Oleh karena itu berikut tips adaptasi Kembali bekerja di kantor atau WFO dimasa pandemic ini!
Mulai kenali situasi kantor
Beberapa hari sebelum hari pertama kerja ke kantor dimulai, kamu bisa mengobrol dengan atasan atau rekan kerjamu untuk memahami kebiasaan-kebiasaan dan pola komunikasi di kantor. Ini adalah salah satu keuntunganmu sudah mengenal tim secara virtual. Meski tidak langsung mengenal kantor, ini dapat membantumu merasa sedikit familier dengan situasi kantor.
Buat kalkulasi keuangan
Dengan ongkos pulang dan pergi, uang makan siang, dan pengeluaran lainnya, bekerja di kantor bisa jadi memengaruhi keuanganmu secara keseluruhan juga. Hitunglah lagi pengeluaran harianmu agar rencana keuangan jangka panjangmu tetap di jalur yang kamu inginkan. Jika kamu berada di fase awal karir, kamu bisa membaca artikel ini tentang mengatur keuangan dengan gaji magang.
Baca juga: Berikut Ini Cara Adaptasi Dalam Lingkungan Kerja Kompetitif
Perkirakan waktu berangkat
Memperkirakan waktu berangkat adalah hal yang sederhana namun cukup penting. Setelah sekian lama bekerja dari rumah, jam bangun tidur dan memulai kegiatan mungkin cenderung lebih siang. Karena harus menyediakan waktu untuk perjalanan ke kantor, kamu harus menyesuaikan jam bangun dan jam untuk mulai bersiap. Jika kamu belum pernah ke daerah tempat kerjamu sebelumnya, alokasikan waktu 30-60 menit lebih awal dari perkiraan untuk menghindari hal tak terduga.
Sekian artikel tentang cara adaptasi memulai WFO. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Komentar
- Simak ! Keuntungan Kerja WFH
- Kiat Ampuh Beradaptasi di Tempat Kerja yang Baru !
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Berikut Tips Adaptasi Kerja buat Fresh Graduate
- Berikut Kekurangan Work From Home
- Berikut Perbedaan WFH dan Remote Working
- Berikut 5 Keuntungan Bekerja Secara Remote
- Berikut Tips Menegur Kesalahan Rekan Kerja selama WFH
- 4 Tips Adaptasi Kerja Buat Introvert
- Tips Menanggapi Teman yang Toxic saat WFH